Home » » Selamat Ultah Ke-2, #KampusFiksi

Selamat Ultah Ke-2, #KampusFiksi

Diposkan oleh Kabar Bangsa pada Saturday, April 25, 2015 | 10:01 AM


https://pbs.twimg.com/profile_images/378800000805740058/5b332792d84d3b40ce2b32f2329c1628.jpeg

Tanggal 26 April 2015, #KampusFiksi merayakan ulang tahunnya yang ke-2, yang diselenggarakan di Resto De Nanny. Acara ini akan melaunching antologi cerpen terbaik #KampusFiksi tahun ini. Selain itu, ada dua orang sastrawan hebat yang diundang secara khusus untuk mengisi acara, yaitu Joni Ariadinata (Cerpenis dan Redaktur Majalah Sastra Horison) dan Raudal Tanjung Banua (Penyair, Cerpenis, dan Redaktur Jurnal Cerpen Indonesia).

Ribuan generasi telah datang ke #KampusFiksi; mulai dari penjemputan di terminal, bandara, stasiun oleh masbro Kiki dan mas bro Agus Gendut, lalu kenalan, berjibaku menyimak materi dari para penulis-penulis hebat, latihan menulis, antre kamar mandi, rebah di atas bantal dan kasur dengan logo Manchester United, melahap nasi kotak yang tentu bisa menambah gizi untuk anak kos, memberikan pesan dan kesan di malam terakhir, mendengarkan nasihat-nasihat dari Rektor #KampusFiksi, mas Edi AH Iyubenu, ngakak dan ngikik menyaksikan foto-foto momentum selama acara yang sudah diberi balon kata-kata usil oleh saudara Abdul Hamid feat Rezanufa, saling peluk dan menangis di saat-saat akan berpisah, dan seterusnya. Begitulah. Ya, begitulah jibunan peserta yang datang dan pergi di #KampusFiksi Reguler.

https://pbs.twimg.com/media/CBQK7hKUkAANHYe.jpg

#KampusFiksi juga datang ke berbagai kota di negeri ini, mulai dari Malang, Surabaya, Padang, Semarang, Jakarta, Bandung, Ciamis, dan masih banyak lagi. Ratusan anak-anak muda datang ke tempat-tempat di mana #KampusFiksi diadakan. Bahkan ada beberapa peserta #KampusFiksi yang mengikuti acara Road Show berkali-kali karena saking cintanya terhadap #KampusFiksi. Aih, magnet apa yang membuat anak-anak muda begitu bersemangat hingga ikut berkali-kali. Ini sungguh luar biasa.
Tim #KampusFiksi juga hadir di pesantren-pesantren, mulai dari pesantren An-Nuqayah Guluk-Guluk Sumenep, Pesantren Ihya Ulumuddin, Cilacap, hingga pesantren Darussalam, Ciamis. Pengalaman yang membuat tim #KampusFiksi merinding, ketika datang ke Pesantren Darussalam, begitu masuk di gerbang pesantren, tim sudah disambut dengan sebuah banner “Selamat datang Bapak Edi AH Iyubenu dan tim #KampusFiksi”. Begitu memasuki gedung serba guna, tim #KampusFiksi disambut dengan tarian saman yang sangat indah. Di sana juga tim #KampusFiksi disambut dengan ramah dan kocak oleh pengasuh pesantren dan gus gaul, tak lain dan tak bukan Gus Anis dan Gus Nabil.

http://iaid.ac.id/assets/uploaded/kampusfiksiok.jpg

#KampusFiksi merupakan ajang yang tepat untuk anak-anak muda belajar menulis. Kegiatan ini sama sekali tak dipungut uang dan sama sekali tidak terikat kontrak apapun. Begitu pula kedatangan tim #KampusFiksi di berbagai kota dan pesantren, sama sekali tidak meminta honor sedikit pun, bahkan biaya transportasi sekalipun. Semua acara #KampusFiksi didanai oleh pribadi mas Rektor yang hatinya mulia dan lembut ini. Siapa coba di negeri ini yang punya kepedulian terhadap anak-anak muda kreatif? Siapa yang berani mendanai acara besar-besaran ini, yang sama sekali tidak memiliki kepentingan apapun secara profit?
Tanggal 26 April 2015 ini #KampusFiksi ulang tahun yang ke-2. Semoga acara #KampusFiksi bisa eksis terus hingga akhir zaman. Tentu harapannya, semoga orang-orang yang hatinya lembut bertambah banyak, sehingga #KampusFiksi menjadi inspirasi untuk memberikan manfaat sebanyak-banyaknya kepada orang lain, khususnya memberikan jalan kreatif bagi anak muda, agar apa yang dipertanyakan Taufiq Ismail melalui puisinya yang berjudul Kupu-Kupu di Dalam Buku mampu berkibar di negeri ini:
Ketika berjalan sepanjang gang antara rak-rak panjang,
di perpustakaan yang mengandung ratusan ribu buku
dan cahaya lampunya terang benderang,
kulihat anak-anak muda dan anak-anak tua
sibuk membaca dan menuliskan catatan,
dan aku bertanya di negeri mana gerangan aku sekarang?

Sumber Gambar 1: https://pbs.twimg.com/profile_images/378800000805740058/5b332792d84d3b40ce2b32f2329c1628.jpeg
Sumber Gambar 2: https://pbs.twimg.com/media/CBQK7hKUkAANHYe.jpg
Sumber Gambar 3: http://iaid.ac.id/assets/uploaded/kampusfiksiok.jpg



Artikel Terkait:

0 comments :

Post a Comment