Home » » Temuan Terbaru, Ternyata Colombus Bukan Penemu Benua Amerika

Temuan Terbaru, Ternyata Colombus Bukan Penemu Benua Amerika

Diposkan oleh Kabar Bangsa pada Sunday, April 19, 2015 | 1:02 AM

http://www.deliabw.edu.hk/broadway/Eng/S3A%20English%20Project/Group%208/Columbus.jpg

Ketika Columbus menjelajahi dunia/ ia menemukan benua dalam celana/ dan Stephen Hawking bertapa di dalamnya--- itulah potongan puisi Celana karya Joko Pinurbo. Dalam dunia ilmu pengetahuan, disebutkan bahwa Columbus adalah penemu benua Amerika. Akan tetapi akhir-akhir ini, beberapa peneliti di Amerika malah menyangkal, bahwa sebelum zaman Columbus, sudah banyak hilir-mudik perdagangan antar bangsa yang dibuktikan dengan beberapa artefak perunggu yang telah berusia ribuan tahun.

Christopher Columbus adalah pedagang asal Genoa Italia. Ia menyeberangi Samudra Atlantik hingga benua Amerika. Perjalanannya didanai oleh Ratu Esabella dari Castilla Spanyol, setelah sang Ratu cantik ini berhasil menaklukkan Andalusia. Columbus yakin bahwa bumi ini hanya sebentuk bola kecil, jika ia berlayar melalui jalur Barat akan tiba di Timur Jauh.
Para peneliti dan arkeolog kemudian menemukan bukti-bukti artefak di situs Rising Whale di dekat Cape Espenberg Alaska. Owen Mason, peneliti dari Universitas Colorado mengatakan bahwa dari jauh situs tersebut seperti paus yang muncul ke permukaan. Temuan tersebut kemudian dipadukan dengan temuan sebelumnya, yang menyatakan bahwa gagasan dan barang dagangan berhilir mudik di Alaska jauh sebelum Christopher Columbus tiba di laut Karibia pada bulan Oktober 1492.
Di Rising whale, para peneliti juga menemukan dua perunggu tua yang ditaksir berasal dari tahun 600 Masehi. Di sana juga peneliti menemukan sebuah artefak dari bahan obsidian serta batu hitam yang mengkilau dari lembah sungai Anadyr Rusia. Jika temuan-temuan itu benar, ada apa sebenarnya dengan pemelintiran sejarah tentang penemu benua Amerika ini? Adakah keterkaitannya dengan proses politik antar bangsa saat itu? Adalah kaitannya dengan proses kolonisasi di dunia sehingga sebuah claim itu diciptakan untuk mempengaruhi dunia. Motif-motif itu sejatinya membutuhkan penelitian lebih lanjut.***

Sumber Gambar : http://www.deliabw.edu.hk/broadway/Eng/S3A%20English%20Project/Group%208/Columbus.jpg


Artikel Terkait:

2 comments :