Home » » Ujian Nasional Apa Cobaan Nasional?

Ujian Nasional Apa Cobaan Nasional?

Diposkan oleh Kabar Bangsa pada Sunday, April 12, 2015 | 10:00 PM


http://1.bp.blogspot.com/_0ipEWtDEmyE/S2WiLL_hWLI/AAAAAAAAAbo/mYAlOF6BaEs/s200/harap+tenang+ada+ujian.gif
Ujian Nasional selalu menjadi situasi menakutkan yang kadang membuat para pelajar di negeri ini khawatir, ndredek, bahkan melakukan hal-hal nekat demi kelulusan ujian pemerintah ini. Tidak hanya para pelajar, banyak juga lembaga-lembaga sekolah yang berkomplot, memberi tahu jawaban dari soal ujian nasional terserbut.
Oknum sekolah itu memanggil para penjaga keamanan, sebut saja polisi yang menjaga keamanan  ujian ke kantor sekolah, diberi minum, diajak ngobrol, kemudian di belakang penjaga keamanan, pihak sekolah memberi tahu kunci jawaban kepada siswa yang melaksanakan ujian.
Hal tersebut sebenarnya telah menjadi rahasia umum untuk menjaga nama baik sekolah. Alangkah malunya sekolah jika banyak anak didiknya tidak lulus Ujian Nasional? Fenomena ini sebenarnya menjadi cobaan nasional. Ketika ketidakjujuran telah dimulai dari tingkat pendidikan, maka dari pulalah awal mula tumbuh kembangnya korupsi, kolusi, dan nepotisme.

http://www.nyunyu.com/medias/2013/04/16/images/UN-april.jpg

Jangan heran, bila kelak anak-anak yang sekolahnya semakin tinggi, semakin tinggi pula tingkat kebohongan, ketidakadilan, dan kriminalitas di negeri ini. Harapannya, dengan pelaksanaan Ujian Nasional tahun ini yang tidak menentukan kelulusan pelajar, akan menjadi ujian tersendiri bagi sekolah untuk menguji kemampuan dan kelayakan secara real dari pelajar untuk naik ke jenjang selanjutnya.
Menjaga bangsa ini sejatinya harus dijaga dari tingkat sekolah. Artinya menjaga bangsa harus dijaga dari mental dan akal sehat putra bangsanya. Agar para pelajar tidak sekedar menjadi anak muda, tetapi menjadi pemuda (Daud, 2005).
Semoga pelaksanaan Ujian Nasional tahun ini bernar-benar dilaksanakan dengan sejujur-jujurnya, dan bila para pelajar telah mendapatkan informasi kelulusan, tidak berfoya di jalan-jalan dengan konvoi, tawuran, mabuk, dan lain sebagainya. Sebab pemuda adalah representasi masa depan sebuah bangsa.

Sumber Gambar 1: http://1.bp.blogspot.com/_0ipEWtDEmyE/S2WiLL_hWLI/AAAAAAAAAbo/mYAlOF6BaEs/s200/harap+tenang+ada+ujian.gif
Sumber gambar 2 :  http://www.nyunyu.com/medias/2013/04/16/images/UN-april.jpg


Artikel Terkait:

2 comments :

  1. begitu lah. ujian tahun ini kayaknya kurang greget, karena nggak nentuin kelulusan..
    sekolah bisa main tangan sendiri untuk meluluskan muridnya.

    dan gue setuju, semakin tinggi sekolahnya, kemungkinan juga semakin tinggi tingkat kebohongannya.

    ReplyDelete
  2. semoga mentalitas bangsa ini semakin baik. kita mulai dari ruang terkecil, keluarga, sekolah, mastarakat, dan sektor lain yang mungkin membangun mentalitas bangsa ini dengan baik.

    ReplyDelete