Home » » Plus Minus Pilkada Serentak 2015

Plus Minus Pilkada Serentak 2015

Diposkan oleh Kabar Bangsa pada Monday, August 10, 2015 | 8:34 PM

KABARBANGSA.COM---Belakangan ini pilkada serentak menuai banyak kontroversi, apalagi di beberapa daerah ada yang hanya memiliki satu calon. Bahkan, wali kota Surabaya, Ibu Risma sempat menyatakan gagal mencalonkan jika batas waktu pendaftaran diundur.

Sumber Gambar: beritasatu.com
Pilkada serentak di satu sisi memang memberikan efek yang menarik dan praktis. Di sisi lain, hal ini menimbulkan mudharat apabila pelaksanaannya tidak disiapkan dengan cara yang matang. Pelaksanaan pilkada, pemenangan para calon oleh para pendukungnya, tentu saja pengaruh kota tetangga terhadap pemilihan yang sedang berlangsung.

Sebab itulah, dengan dilaksanakannya pilkada serentak, besar kemungkinan pemilihan di daerah akan aman dari para mafia yang datang dari luar daerah. Berbagai kepentingan yang dapat merugikan rakyat dapat ditepis sedemikian rupa. Hanya saja, dibutuhkan kesigapan  dalam pola pelaksanaan pilkada ini.

Semoga para calon yang maju di pilkada kali ini, bukan calon yang hanya menebar janji kepada rakyat, sementara kinerja dan kejujurannya dalam membangun daerah sangat nihil.

Selebihnya, rakyat sebagai puncak pelaksanaan demokrasi harus cerdas dalam memilih pemimpinnya. Dan rakyat tidak hanya mementingkan kebutuhan sesaat dengan cara menepis money politic. Sebab jika ada politik uang, yang dirugikan juga rakyat.




Artikel Terkait:

0 comments :

Post a Comment