Home » » Ulil Abshar Abdalla: Nabi Muhammad Liberal

Ulil Abshar Abdalla: Nabi Muhammad Liberal

Diposkan oleh Kabar Bangsa pada Monday, August 10, 2015 | 9:12 PM

KABARBANGSA.COM---Ulil Abshar Abdalla memang terkenal dengan tokoh Islam Liberal di negeri ini. Tulisannya yang pernah dimuat kompas tentang menyegarkan kembali agama Islam pernah menuai kontroversi yang luar biasa, hingga saat ini ia menjadi tokoh yang paling disegani dalam issue Islam Liberal.

Sumber Gambar: youtube.com
Pernyataan terbaru melalui akun twitternya @ulil ia ngetwit: "Saya kagum pada keliberalan Nabi Muhammad dlm membaca soal kebijakan harga ini. Maklum dia kan dulu pedagang." Setelah satu menit sebelumnya ia ngetwit: "Intervensi harga yang diperbolehkan oleh nabi hanyalah "supply and demand" Naikkan supply kalau perlu impor."

Kultwit tersebut jika ditanggapi serius oleh orang-orang yang sering menyerang ulil justeru akan menuai kontroversi. Sebab bagi mereka, liberalisme hanya baru ada belakangan ini. Meskipun pada substansinya, liberalisme sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu.

Untuk menguatkan argumentasinya, Ulil mengutip pendapat sejarahwan Prancis, Maxim Rodinson, dalam sebuah bukunya yang berjudul Islam et Capitalism yang mengatakan bahwa Islam sebagai agama yang pro-kapitalisme.

Terlepas dari pendalaman ulil yang sangat menguasai ilmu tradisional di pesantren dan khazanah ilmu-ilmu dari Barat. Wacana ini memang sangat mengejutkan bagi orang yang tidak memiliki pengalaman banyak ilmu. Semoga ulil bisa menjelaskan panjang lebar melalui artikel lepas bagi orang-orang yang menggugatnya.***

 


Artikel Terkait:

1 comments :