Home » » Alissa Wahid: Bukan Perbedaan Yang Jadi Masalah, Tapi Merasa Paling Benar dan Paling Berhak

Alissa Wahid: Bukan Perbedaan Yang Jadi Masalah, Tapi Merasa Paling Benar dan Paling Berhak

Diposkan oleh Kabar Bangsa pada Saturday, October 10, 2015 | 3:44 AM

KABARBANGSA.COM---Menjadi manusia memang terkadang dikuasai oleh perasaan yang bermacam-macam. Jiwa kita jika tidak dikendalikan dengan baik bisa saja merasakan hal-hal yang justeru di luar logika orang normal.

Orang yang memakai pakaian yang aneh dan norak, merasa diperhatikan oleh orang lain, padahal tidak ada yang memperhatikan sama sekali. Wanita yang memakai perhiasan yang berlebihan, merasa jika tidak dipakai tidak percaya diri, karena khawatir dilihat orang lain, padahal tidak ada yang memperhatikan.

Psikis ini terjadi pada manusia masa kini, sebagaimana diyakini oleh putri mendiang Presiden KH. Abdurrahman Wahid (Gusdur), yaitu Alissa Wahid menyatakan melalui akun twitternya @AlissaWahid bahwa: 

Sumber Gambar: selasar.com
"Bukan soal perbedaan yang menjadi masalah. Tapi soal merasa paling berhak & paling benar. Itu sikap hidup yg mematikan."

"Banyak anak tumbuh dg sikap 'merasa berhak'. Berhak dilayani staf rumah. Berhak dibelikan HP mahal. Berhak main gadget sesukanya."

"Banyak orang dewasa merasa berhak dibahagiakan pasangannya, berhak 'diperlakukan' dg baik oleh kehidupan tanpa bayar harganya."

"Banyak orang beragama merasa berhak dapat privilege dalam masyarakat karena mereka paling benar, ahli surga & mayoritas."

Pandangan tersebut tentu saja sangat umum terjadi bagi semua manusia. Hanya saja orang-orang yang berilmu, beramal, dan beragama dapat mengendalikan dirinya dengan sebaik-baiknya. Nah, anda termasuk pada bagian yang mana.*** 


Artikel Terkait:

0 comments :

Post a Comment