Home » » Ulil Abshar Abdalla; Yang Dikurbankan Nabi Ibrahim Bukan Ismail, Tapi Ishaq

Ulil Abshar Abdalla; Yang Dikurbankan Nabi Ibrahim Bukan Ismail, Tapi Ishaq

Diposkan oleh Kabar Bangsa pada Saturday, September 30, 2017 | 9:24 AM

KABARBANGSA.COM---Dalam pengetahuan umum umat Islam kita, yang dikurbankan oleh Nabi Ibrahim dalam proses pengujian keimanan Nabi Ibrahim menurut Ulil Abshar Abdalla, bukanlah Nabi Ismail, tetapi Nabi Ishaq.

Baca juga:
* Di Hadapan Emha Ainun Nadjib, Gusmus Ketua Ulama' Seumur Hidup
* Literasi Malaysia Makin Redup, Wawancara dengan Wan Zahid Wan Zahidi

Analisis ini tentu saja sangat mengejutkan. Sebab selama ini, seluruh umat Islam sangat percaya bahwa dalam al-Qur'an Allah Swt. berfirman dalam al-Qur'an  surat as-Shaffat ayat 102 yang artinya:

"Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!” Ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar”.( QS. As Shaffat : 102)

Baca Juga:
* Kontroversi Hadiah Nobel Bobdylan
* Banjir Dalam Mitologi Dunia

Sumber Gambar: dok. ulilabsharabdalla
Ada beberapa alasan Ulil Abshar Abdalla memiliki statemen bahwa anak yang dikurbankan Ibrahim adalah Ishaq melalui akun twitternya @ulil. Pertama, Di Quran ndak disebut sama sekali bhw yg dikorbankan itu Ismail. Quran diam dlm hal ini. Tak kasih keterangan yg jelas. Karena itu ulama beda pendapat, siapa yg dikorbankan Ibrahim: Ismail atau Ishaq. Ada yg berpendapat Ismail, ada yg bilang Ishaq.

Baca Juga:
* Keluarga dan Deradikalisasi Anak
* Cak Nur, Islam, dan Sekularisasi

Daftar ulama yg berpendapat bhw yg dikorbankan Ibrahim adalah Ishaq, bukan Ismail, panjang. Saya akan sebutkan satu persatu. Dari kalangan sahabat: Umar, Ali, Al-Abbas (paman Nabi), Ibn Masud, Ka'b al-Ahbar. Dari kalangan tabiin: Qatadah, Said ibn Jubair, Masruq, Ikrimah, al-Zuhri, Al-Suddi, Muqatil.


Artikel Terkait:

294 comments :

  1. Replies
    1. apa lo lebih pintar dari mas Ulil dalam hal ilmu agama? mikir tu otakjangan asal ikut-ikutan kata orang..

      Delete
    2. Logikanya; ishaq adlh anak yg dijanjikan Allah kepd Abraham dan Sarah Isterinya(taurat & Injil)
      Hagar hny budak/pekerja dikebun anggur A(I)braha(i)m

      Delete
    3. persis sama dengan yang di ceritakan di alkitab yg di korbankan ishak bukan ismail sebab ismail adalah anak dari hagar pembantu abraham

      Delete
    4. Beliau tidak gila bro memang itu fakta... yg d korbankan abraham itu isak anak SAH dr abraham dan sarah bukan anak dgn gundik/pembantu

      Delete
    5. berarti umar ra, ali ra juga gila ya? kalo muhamad?

      Delete
    6. jangan langsung bilang gitu dong. Nah... ini kesempatan utk mikir. Logis enggak apa yg dikatakan Ulil itu?

      Delete
    7. silahkan dibaca nih tautannya: http://beritaislamimasakini.com/yang-dikorbankan-nabi-ismail-atau-nabi-ishak.htm

      Delete
    8. kalau landasan kita membenarkan adalah kitab suci maka pertanyakanlah kitab suci tersebut apakah masih benar atau tidak......?

      Delete
    9. kalau kitab suci nya tidak benar kenapa Allah memerintahkan untuk membacanya??

      Delete
    10. HAHAHAAHAHAHAHAAHAHA ORANG GILA LEPAS
      ATAU MUNGKIN NIH ORANG NGELIAT KALI YEEE
      KAYA HIGHLANDER GAK MATI MATI GITUU
      HAHAHAHA

      Delete
    11. Katanya kitab yang duturunkan dari langit kok ngga jelas dan lengkap? malah lebih jelas dan lengkap yang katanya kitab salah kaprah..... sadarlah wahai kalian....

      Delete
    12. logikanya gini lho kamu punya anak dr istri sah kamu sedangkan yang dr babu kamu itu krn dipaksa istri sah kamu utk bikin keturunan kamu lebih mencintai yang mana? terus disejarah babu kamu itu akhirnya diusir jadi orang arab itu keturunannya siapa? mikir...

      Delete
    13. sebenarnya... siapa yang dahulu lahir, ismail atau ishak... yang kedua andai allah mejelaskan dengan rinci segala hal maka, manusia tinggal berleha-leha. sedangkan di buat begitu juga, manusia enggan berusaha.

      Delete
    14. Maka belajarlah dari Orang Orang yang terdahulu dan Kitab -kitab yang terdahulu, karena kitab di turunkan oleh Allah, maka Allah tidak akan pernah salah dalam menurunkan Kitab nya, jadi rangkaiannya adalah Kitab Taurat ( Perjanjian Lama - Alkitab perjanjian Lama ) kemudaian Injil ( kitab perjanjian Baru ) dan kemudian...., seharusnya semua kitab akan sinkron dan sesuai, karena semuanya adalah yang di turunkan oleh Allah.

      Delete
  2. Masuk akal dan didukung Fakta yg kuat.

    ReplyDelete
  3. Pencerahan kpd orang yg "NGEYEL",yg sok paham kitab suci pdhl buta sejarah kisah para nabi2 yahudi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cerita yang disampiakan mas Uli itu benar bro bahawa yang dikorbankan oleh Abaraham adalah Ishak. Coba baca di kitab Yahudi dan Injil.

      Delete
    2. https://www.facebook.com/notes/membongkar-kepalsuan-bibel/siapakah-anak-yang-dikorbankan-ibrahim-ismail-atau-ishak-/307542365938673

      Delete
    3. gaya lo nama hamba Allah, yg bener hamba setan

      Delete
    4. apalagi anonimouse tikus ya.....???? ha ah ha pantesan gak berani nongol

      Delete
    5. Maka belajarlah dari Orang Orang yang terdahulu dan Kitab -kitab yang terdahulu, karena kitab di turunkan oleh Allah, maka Allah tidak akan pernah salah dalam menurunkan Kitab nya, jadi rangkaiannya adalah Kitab Taurat ( Perjanjian Lama - Alkitab perjanjian Lama ) kemudaian Injil ( kitab perjanjian Baru ) dan kemudian...., seharusnya semua kitab akan sinkron dan sesuai, karena semuanya adalah yang di turunkan oleh Allah.

      Delete
  4. Ini kisah asli itu : Kejadian 22:2 (TB) Firman-Nya: "Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu."

    http://www.bibleforandroid.com/v/1dcdfd0409d9

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak Terang, Sumbernya suka bicara Terus Terang. Umatnya diperintahkan jadi Garam dan Terang Dunia. Menggarami yg tawar hati dan menerangi yg gelap hati. Halleluya. Terpujilah YESUS, ISA ALMASIH. SATU2NYA JURU SELAMAT MANUSIA yg Yth. ALM.Gus Dur juga akui. Hanya YESUS yg 100% Allah dan 100% Manusia. DIA, pula Allah Tri Tunggal Maha Kudus. AMIN7X

      Delete
    2. Duluan ishak atau ismail yang lahir ya, ada di alkitab bagian mana

      Delete
    3. Duluan ishak atau ismail yang lahir ya, ada di alkitab bagian mana

      Delete
    4. Duluan Ismael..
      Ismael lahir saat Abraham berusia 80 tahun.. (Kejadian 16:16)
      Ishak lahir saat Abraham berusia 100 tahun. (Kej.21:5)

      Delete
    5. Sdr.Deckyforedi, spt yg anda bilang kita hrs menjadi terang dunia. Hanya dengan bantuan Firman Allah kita bisa menerangi orang lain. Bacalah Yoh.17:3. Untuk statement-statement anda.. Soal nabi Isa 100% Allah, 100% Manusia dan Tritunggal. Hal-hal yg sebenarnya OOT.

      Delete
    6. Sdr.Deckyforedi, spt yg anda bilang kita hrs menjadi terang dunia. Hanya dengan bantuan Firman Allah kita bisa menerangi orang lain. Bacalah Yoh.17:3. Untuk statement-statement anda.. Soal nabi Isa 100% Allah, 100% Manusia dan Tritunggal. Hal-hal yg sebenarnya OOT.

      Delete
  5. Ini kisah aslinya....

    Kejadian 22:2 (TB) Firman-Nya: "Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu."

    http://www.bibleforandroid.com/v/1dcdfd0409d9

    ReplyDelete
  6. Agar lebih adil melihatnya, mungkin kajian ini bisa melihat dari dua sisi

    https://alfanarku.wordpress.com/2011/10/09/siapakah-anak-yang-dikorbankan-ibrahim-ismail-atau-ishak/

    ReplyDelete
  7. Sebenernya salah juga karna yg dikorbankan atw disembelih sama nabi Ibrahim adalah domba. Bukan ishaq. Tp untuk menguji keimanan dan kecintaan nabi Ibrahim Allah memang meminta nabi Ibrahim untuk memberikan anaknya untuk di jadikan korban.

    Kisah ini harusnya bukan untuk diperdebatkan tp untuk dipelajari keteladanan apa yg bisa kita dapat dan terapkan dalam hidup ini. So buat teman2 ku mulai lah berbagi kisah dan pengalaman apa yg kalian dapat dari kisah nabi Ibrahim .

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul makanya di dalam Al quran tidak disebutkan siapa yang di qurbankan

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Betul seperti taurat. Ishak yg d korbankankan.. karena ishak lbh d cintsi abraham karena anak kandung dr istri yg sah... aehingga Tigan menguji iman abrahan dgn meminta hal yg paling d cintai abraham yakni anak kandung nya ishak.

      Delete
    4. Maka belajarlah dari Orang Orang yang terdahulu dan Kitab -kitab yang terdahulu, karena kitab di turunkan oleh Allah, maka Allah tidak akan pernah salah dalam menurunkan Kitab nya, jadi rangkaiannya adalah Kitab Taurat ( Perjanjian Lama - Alkitab perjanjian Lama ) kemudaian Injil ( kitab perjanjian Baru ) dan kemudian...., seharusnya semua kitab akan sinkron dan sesuai, karena semuanya adalah yang di turunkan oleh Allah.

      Delete
  8. slah smua...krn survey membuktikan bhw ishak&ismail smp skg msih hidup dan msih sekolah jg suka main bola sedangkan dombanya baru kemarin dijual ke Bang jali utk bayar sekolah yg nungak wkwkwk....

    ReplyDelete
  9. Ulil ..sangat benar pemaparannya...Dan utk APA diperdebatkan sih::

    ReplyDelete
  10. Ulil ..sangat benar pemaparannya...Dan utk APA diperdebatkan sih::

    ReplyDelete
  11. Dalam setiap pertarungan roh -- apapun manifestasinya -- selalu terjadi pertarungan diantara dua “Bapa”, yaitu Bapa Sorgawi (Mat.6:9) dan “Bapa segala dusta” (Yoh. 8:44). Bapa Sorgawi memerintahkan kita untuk jangan percaya begitu saja akan setiap roh, karena roh penipu terlalu licin dan mudah sekali memperdaya manusia yang kurang paham akan kasak-kusuk roh jahat. Itu sebabnya Tuhan mengharuskan kita untuk menguji kalau-kalau suatu roh itu benar datang dari Tuhan atau bukan, sebab Alkitab berkata, “Iblispun menyamar sebagai Malaikat Terang” (1 Yoh.4:1, 2 Kor.11:14).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jujur kesannya seru sich ada pertarungan roh, ada pihak si baik ada pihak si jahat. Sampe ditunjukin yang baik itu dicomot dari doa Bapa Kami, yang jahatnya dicomot dari perkataan Yesus.. Oke juga sih sebenernya, tapi saya hanya mau tanya aja.. Apaan tuh pertarungan roh? manifestasinya apa aja? Kata siapa ada kaya gitu??
      Kapan Bapa sorgawi memerintahkan kita jangan percaya begitu saja?
      Dimana Alkitab mengajarkan bahwa roh penipu terlalu licin dan mudah sekali memperdaya manusia?

      Delete
  12. Teman2 dari muslim ga ngerti dari kisah inilah lahir Yesus dan Muhamad.Tuhan berkata kepa Ibrahim usirlah anak itu beserta ibunya sebab bukan anakb itu yg akan menerima janji.ya isak adalah anak janji makanya dia lahir ketika ibunya dan bpaknya sudah memuti rambutnya bahkan ibunya telah menapouse.makanya dari 25 nabi besar umat islam sejak dari isak dan ismael semuanya keturunan isak atau orang yahudi atau bangsa israel.

    ReplyDelete
  13. Teman2 dari muslim ga ngerti dari kisah inilah lahir Yesus dan Muhamad.Tuhan berkata kepa Ibrahim usirlah anak itu beserta ibunya sebab bukan anakb itu yg akan menerima janji.ya isak adalah anak janji makanya dia lahir ketika ibunya dan bpaknya sudah memuti rambutnya bahkan ibunya telah menapouse.makanya dari 25 nabi besar umat islam sejak dari isak dan ismael semuanya keturunan isak atau orang yahudi atau bangsa israel.

    ReplyDelete
  14. Tapi dalam alkita Ismail tetap diberkati, Tuhan memberkati Ismail dan akan menjadi bangsa yang besar. Saya yakin berkat dan anugerah Tuhan terbesar kepada Ismail adalah dilahirkannya seorang Nabi besar yaitu Nabi Muhammad (PBUH) dari keturunan Ismail.

    ReplyDelete
    Replies
    1. paul...iya bnar keturunan ismail diberkati tapi bukan dalam hal KENABIAN....INGAT:
      Dan Abraham berkata kepada Allah: “Ah, seki­ranya Ismael diperkenankan hidup di hadapan-Mu!” Tetapi Allah berfirman: “Tidak, melainkan isterimu Saralah yang akan melahirkan anak laki-laki bagimu, dan engkau akan menamai dia Ishak, dan Aku akan mengadakan perjanjian-Ku dengan dia, menjadi per­janjian yang kekal untuk keturunannya” (Kej. 17:18,19).

      Abraham berkata pada Tuhan “Sekiranya Ismael saja …” Tapi deng­an tegas Allah berfirman : ”Tidak, bukan Ismael, tapi Ishak!”

      Berarti, bangsa yang akan diberkati secara khusus adalah dari keturunan Ishak, yaitu bangsa Israel !

      Delete
  15. Q.S Ash-Shaffat 101: "Maka Kami berikan kabar gembira kepadanya dengan seorang anak yang sangat sabar.

    Q.S. Ash-Shaffat 112: "Dan kemudian Kami beri dia kabar gembira dengan kelahiran Ishak. Seorang Nabi yang termasuk orang-orang sholeh.

    dilihat urutan ayatnya.
    Ishak lahir setelah peristiwa pengkurbanan. Lalu siapa yg dikurbankan pada ayat 102? Jelas yg dikurbankan adalah anak yg lahir pd penjelasan ayat 101.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayat TIDAK JELAS gitu mau diandalkan...kalo memang si aulloh GENTLE dan tidak main tebak tebak bua manggins,,seharusnya di ayat 101 dia harus ngomong dengan jelas dan tegas NAMA dari si anak yang soleh itu..si MADUN kek..si UDIN ke..atau si JALI...jangan ngambang kek gitu..itu sebabnya kenapa sesama muslim saling MEMBUNUH dan MENGKAFIRKAN satu dengan yang lain sampai saat ini karena KETIDAKJELASAN ocehan si aulloh ini.

      Delete
    2. O..gitu ya...terus teriak2 pake Toa fungsinya apa yah...

      Delete
    3. Dalam Alkitab, pengujian iman Abraham utk mengorbankan Ishak (nama disebutkan jelas) disebutkan pada Kejadian 22. Peristiwa pengusiran Hagar dan Ismail terjadi sebelumnya (Kejadian 21). Jadi jelas dari urutan peristiwanya dan dari penyebutan namanya bahwa Ishak yang akan dikurbankan. Ishak disebut "anak tunggal" dalam Kejadian 22, karena Ismael sudah diusir sebelumnya dan tidak diperhitungkan Allah sebagai pewaris janji Allah. Ismail hanya diberkati dengan keturunannya yang 12 suku. Sebaliknya dalam Alquran tidak jelas disebutkan siapa yg dikurbankan.

      Delete
    4. Ngacok lagi, gak ada peristiwa pengusiran Hajar dan Ismail, yg dikurbankan itu domba, jelang dari nabi ibrahim mimpi sampe nabi ismail mau disembelih, itulah sejarah knp ada lempar jumrah di mina, yaitu wustha, ula, sm aqabah

      Delete
    5. kita bicara logika, sarah mengandung pada usia 90 tahun dimana dia sdh mati haid, yang berarti kelahiran ishak adalah sesuatu mukjizat, so pasti kedua orang tuanya sangat sayang kepada ishak, jadi untuk menguji ketaatan Ibrahim, kira2 anak yang mana yg harus dikurbankan ? anak dari seorang budak atau anak yang sudah dijanjikan oleh ALLAH? Sebenarnya bencana pertikaian yg tiada akhir antara bangsa Israel (keturunan ishak) dan bangsa Arab (keturunan Ismail) dikarena ketidak percayaan Sarah bahwa dia akan mempunyai anak diusia 90tahun, yang mana dengan pikirannya sendiri malah me reka2 rencana Tuhan (dlm hati sarah berguman mungkin anak yg dijanjikan sebagai keturunan Ibrahim itu bukaan dari rahimnya karena dia sdh mati haid apakah mungkin?) jadi sarah mengambil inisiatif menyuruh Ibrahim mengambil budak utk dijadikan istri dan lahirlah Ismail. Dendam keturuan ini terjadi dan terbawa sampai sekarang

      Delete
  16. Kalo benar kisah itu, berarti umat yang paling meneladani kisah itu siapa ya?

    ReplyDelete
  17. Mudah2an ini jelas dan clear... jadi tidak perlu pemungutan suara. He he he

    ReplyDelete
  18. Ngbahas JIL sebenarnya sudah tidak menarik lagi karena semenjak para donatur tidak menggelontorkan dana lagi ke JIL, banyak penggiat JIL yang merapat ke SALIHARA untuk menyambung hidup. Maaf mas Ulil usaha yang beginian sudah kurang menarik.

    ReplyDelete
  19. puji Tuhan, kebenaran semakin terang

    ReplyDelete
    Replies
    1. hey ulil albar inikan islam liberal islam kebarat baratan bsa dibilang stengah gila pernyataannya, klw saya bilang org gila dia jasi tdk ada kebenaran yg semakin terang kalian sekutukan tuhan itu dosa yg tdk diampuni.

      Delete
  20. Kejadian 22:2.
    “Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishaq” . tentu dg kata anak tunggal, abraham dah paham tanpa harus di jelaskan namanya soalnya ismail kan lahir duluan. =============== versi islam nie: ========================== “Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, , Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu” (QS.As-Shaffat:102) ayat selanjutny : “Dan Kami beri dia kabar gembira dengan (kelahiran) Ishaq seorang nabi yang termasuk orang-orang yang saleh”. (QS. As-Shaffat:112), lihatlah ishag baru lahir setelah ibrahim berkata dlm ayat 102. apa ulil nie kurang cermat ya dlm memahami al-qur'an

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg di maksud dgn anak tunggal adalah anak dari isteri yg sah (semoga anda paham)

      dalam taurat, kejadian ini bukan sekedar mimpi, tapi nyata (beda banget ya...) :)

      Delete
    2. Anak tunggal itu anak sah resmi bukan anak dari budak anak perjanjian itu adalah Ishak.

      Delete
    3. Anak tunggal itu anak sah resmi bukan anak dari budak anak perjanjian itu adalah Ishak.

      Delete
    4. gagal paham ayat,,, anak tunggal itu anak yg sah yaitu ishak, karna abraham punya istri yg sah itu sarah bukan hagar,,, ismail anak yg bukan di janjikan Allah,, kasarnya ismail itu anak "haram" abraham dgn hagar,,, tp bukan berarti ismail tidak di sayang Allah, ismail jg di berkati,,, buktinya skarang lbh banyak org keturunan Arab yg Kristen ketimbang yahudi

      Delete
    5. Dalam Alkitab, pengujian iman Abraham utk mengorbankan Ishak (nama disebutkan jelas) disebutkan pada Kejadian 22. Peristiwa pengusiran Hagar dan Ismail terjadi sebelumnya (Kejadian 21). Jadi jelas dari urutan peristiwanya dan dari penyebutan namanya bahwa Ishak yang akan dikurbankan. Sebaliknya dalam Alquran tidak jelas disebutkan.

      Delete
    6. Dalam Alkitab, pengujian iman Abraham utk mengorbankan Ishak (nama disebutkan jelas) disebutkan pada Kejadian 22. Peristiwa pengusiran Hagar dan Ismail terjadi sebelumnya (Kejadian 21). Jadi jelas dari urutan peristiwanya dan dari penyebutan namanya bahwa Ishak yang akan dikurbankan. Sebaliknya dalam Alquran tidak jelas disebutkan.

      Delete
    7. dalam alkitab , alkitab kalian itu banyak ayat yg bertentangan, smg kalian mendapat hidayah dari Allah.

      Delete
  21. Kejadian 17:15-21 (TB) Selanjutnya Allah berfirman kepada Abraham: "Tentang isterimu Sarai, janganlah engkau menyebut dia lagi Sarai, tetapi Sara, itulah namanya.
    Aku akan memberkatinya, dan dari padanya juga Aku akan memberikan kepadamu seorang anak laki-laki, bahkan Aku akan memberkatinya, sehingga ia menjadi ibu bangsa-bangsa; raja-raja bangsa-bangsa akan lahir dari padanya."
    Lalu tertunduklah Abraham dan tertawa serta berkata dalam hatinya: "Mungkinkah bagi seorang yang berumur seratus tahun dilahirkan seorang anak dan mungkinkah Sara, yang telah berumur sembilan puluh tahun itu melahirkan seorang anak?"
    Dan Abraham berkata kepada Allah: "Ah, sekiranya Ismael diperkenankan hidup di hadapan-Mu!"
    Tetapi Allah berfirman: "Tidak, melainkan isterimu Saralah yang akan melahirkan anak laki-laki bagimu, dan engkau akan menamai dia Ishak, dan Aku akan mengadakan perjanjian-Ku dengan dia menjadi perjanjian yang kekal untuk keturunannya.
    Tentang Ismael, Aku telah mendengarkan permintaanmu; ia akan Kuberkati, Kubuat beranak cucu dan sangat banyak; ia akan memperanakkan dua belas raja, dan Aku akan membuatnya menjadi bangsa yang besar.
    Tetapi perjanjian-Ku akan Kuadakan dengan Ishak, yang akan dilahirkan Sara bagimu tahun yang akan datang pada waktu seperti ini juga."

    Ayat diatas : ibrahim memcoba bernegosiasi dengan Allah dan Allah jelas mengatakan " tidak ".
    Dan Kejadian 22 : 2 jelas menyebut nama Ishak.
    Anak Allah Ishak di pilih dan Ismail di berkati.dan semua menjadi Bangsa Besar.
    Jadi kita semua anak Allah .kita bersaudara .. Saudaraku.tidak usah berdebat cuma jalan kita yg berbeda beda.Salam SEjahtera.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang ini baru luar biasa namanya!semoga anda selalu diberkati

      Delete
    2. Maka belajarlah dari Orang Orang yang terdahulu dan Kitab -kitab yang terdahulu, karena kitab di turunkan oleh Allah, maka Allah tidak akan pernah salah dalam menurunkan Kitab nya, jadi rangkaiannya adalah Kitab Taurat ( Perjanjian Lama - Alkitab perjanjian Lama ) kemudaian Injil ( kitab perjanjian Baru ) dan kemudian...., seharusnya semua kitab akan sinkron dan sesuai, karena semuanya adalah yang di turunkan oleh Allah, Dan kita semua Tahu pada hari penghabisan hanya 1 yang akan menghakimin semua manusia,...

      Delete
  22. Kejadian 17:15-21 (TB) Selanjutnya Allah berfirman kepada Abraham: "Tentang isterimu Sarai, janganlah engkau menyebut dia lagi Sarai, tetapi Sara, itulah namanya.
    Aku akan memberkatinya, dan dari padanya juga Aku akan memberikan kepadamu seorang anak laki-laki, bahkan Aku akan memberkatinya, sehingga ia menjadi ibu bangsa-bangsa; raja-raja bangsa-bangsa akan lahir dari padanya."
    Lalu tertunduklah Abraham dan tertawa serta berkata dalam hatinya: "Mungkinkah bagi seorang yang berumur seratus tahun dilahirkan seorang anak dan mungkinkah Sara, yang telah berumur sembilan puluh tahun itu melahirkan seorang anak?"
    Dan Abraham berkata kepada Allah: "Ah, sekiranya Ismael diperkenankan hidup di hadapan-Mu!"
    Tetapi Allah berfirman: "Tidak, melainkan isterimu Saralah yang akan melahirkan anak laki-laki bagimu, dan engkau akan menamai dia Ishak, dan Aku akan mengadakan perjanjian-Ku dengan dia menjadi perjanjian yang kekal untuk keturunannya.
    Tentang Ismael, Aku telah mendengarkan permintaanmu; ia akan Kuberkati, Kubuat beranak cucu dan sangat banyak; ia akan memperanakkan dua belas raja, dan Aku akan membuatnya menjadi bangsa yang besar.
    Tetapi perjanjian-Ku akan Kuadakan dengan Ishak, yang akan dilahirkan Sara bagimu tahun yang akan datang pada waktu seperti ini juga."

    Ayat diatas : ibrahim memcoba bernegosiasi dengan Allah dan Allah jelas mengatakan " tidak ".
    Dan Kejadian 22 : 2 jelas menyebut nama Ishak.
    Anak Allah Ishak di pilih dan Ismail di berkati.dan semua menjadi Bangsa Besar.
    Jadi kita semua anak Allah .kita bersaudara .. Saudaraku.tidak usah berdebat cuma jalan kita yg berbeda beda.Salam SEjahtera.

    ReplyDelete
  23. Gak penting Ishak ato Ismael yg dikorbankan. Akhirnya yg disembelih juga bukan mereka berdua tapi seekor domba kan? Siapakah anak doba pengganti korban manusia ini? ALkitab menyebutkan bahwa Yesus Kristus lah Anak Domba itu...

    ReplyDelete
  24. Ini penjelasan yg melegakan. Memang dalam Taurat pemilik kisah itu, Ishaq lah yg dikurbankan. Kitab Taurat pula sdh ada jauh sekali sbkm Al-quran ada.

    ReplyDelete
  25. yesus anak domba itu nyambung dari mananya ya ,,?
    bukan maksud apa2 cuma nanya ,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Saudara Afgan Rally,,,
      Yesus Anak Domba Allah lebih lengkapnya, atau sering jg disebut Anak Domba Paskah...
      Nyambungnya dari ulasan ininya, sebelum lahirnya Islam atwpun Kristen dasar kitab ada di kitab Taurat Yahudi,dinyatakan bahwa setiap org yg berdosa utk menebus dosanya, maka dalam ketentuannya adalah imam harus mencurahkan darah anak domba dan membakar lemak2nya sebagai korban penebusan dosa....itulah yg hars dilakukan, domba yg disembelih harus yg terbaik, tidak bercacat cela,
      nah, berhubung karena manusia terus berbuat dosa, dan persembahan korba melalui darah dan daging binatang tidaklah bisa menyelesaikan perkara dosa hingga tuntas, krn korban melalui binatang tentu tidak sempurna, maka diperlukan korban penebus dosa yg sempurna yg sanggup menyelesaikan perkara dosa hingga keakar2nya, yaitu melalui Allah itu sendiri, krn hanya Dia yg sempurna, tidak berdosa, tidak bercacat cela dan krn Dia Allah, maka hanya Dia yg bisa menyelesaikannya, sehingga sebagai Allah Ia mengambil rupa sebagai manusia didalam Yesus/Isa Sang Almasih utk menjadi korban penebusan dosa, darahNya harus tercurah, dagingNya harus dikorbankan melalui cara Dia disalibkan, krn salib adalah lambang kutuk, dan kutuk haruslah dicabut dr manusia berdosa sebagai bukti pengampunan itu ada...
      jadi tidaklah benar ajaran yg menyatakan bahwa Isa Almasih tidak pernah disalib, wong kitab yg mencatatnya aja muncul 600 thn kemudian....
      cerita Ibrahim mengkorbankan Ishak adalah gambaran bagaimana Allah mengorbankan PutraNya satu2Nya sbg korban penebusan dosa...

      Kiranya membantu saudara utk memahaminya...

      Delete
  26. Apa gak mending berdebat gmn caranya meneladani totalitas iman seorang Ibrahim/Abraham

    ReplyDelete
  27. Ishak turun ke Yakub menjadi Israel itulah janji anak sulung.
    Ishmael ? wild men....
    seperti yang tertulis, lihat gaya2 arabik dan bom bunuh diri
    hanya bangsa Ismael

    ReplyDelete
    Replies
    1. husss kita sedang bicara ishak brooo :)

      Delete
  28. Bukankah quran adalah kitab yg turun langsung dari Allah? Kalau bgt. Quran yg betul dong. Walaupun kisahnya ada dlm kitab ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. siapa yang bilang quran turun langsung dari aulloh ? emang di surga sana ada percetakan yang bisa nurunin KITAB dalam bentuk jadi ?
      logikanya.. Yahudi yang punya kisah, mereka yang lebih tau dari quran yang turun 600-700 tahun kemudian

      Delete
    2. Wah..bang ungke...ngak pernah dengar cerita yg disiarkan lewat Toa yg tiap jam itu ?

      Delete
    3. Ungke >> Saya Setuju dengan Anda. Alkitab lahir dari Fakta Sejarah dan Paling Tua. Sedangkan ajaran2 baru baru nongol Ratusan tahun setelah Tuhan Yesus Lahir. Masak yang batu lahir kemarin sore ngaku paling bener...

      Delete
    4. Saudara Ungke dan yang lainnya,.... pemahaman tentang kitab -Kitab yang dimaksud bukan kayak buku,...he,..he,...

      Delete
    5. berlogika saja... Anda lebih tahu kejadian yg sudah terjadi atau kejadian yg belum terjadi ?....

      Ungke sepertinya gagal faham..

      Delete
  29. Singkat cerita skrng siapa yg mengikuti ajaran Abraham yang mengorbanken potong domba, idul adha adlh hari berkurban, hari dilaksanaken potong domba..... siapakah yg masih menjalaken..... klo cuma mengklaim tapi gak jalanin ajarannya yo podowae bohong....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya betul,yg merayakan siapa? yg kurban siapa? kok ikut ribut yo

      Delete
    2. Yg berkorban utk dosa kmu dan saya dan kita semua adalah Yesus Kristus di kayu salib sekali dan utk selamanya. Jadi tidak perlu lagi ada kurban tiap tahun.

      Delete
  30. Pantas aja Indonesia ga maju-maju sampai sekarang. Yang diperdebatkan yang begini ini. Coba kita berdebat tentang bagaimana indonesia itu lebih disegani negara-negara lain di muka bumi.
    Weleh-weleh indonesiaku, rakyat yang majemuk tapi terbelakang pola pikir masyarakatnya..
    Ampun dah....

    ReplyDelete
  31. Lil ulil.. bisalah kow tolol2in orang2 yg tolol. Berdalil sana sini, muter muter kek metromini, macam betul aja kutengok. Btw..cemmana masih lancaranya kiriman dari donatur tu? Biar makan pecal ama lapet manis kita dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. daripada ngeledek si ulil mending kau sertakan bukti di sini ada gk disebut yg dikorbankan si ismail... Kalo gk ada ya cuman gede ngomong doang kau.. Gitu caranya kalau mau mendebat seseorang bung..bukan bisanya malah meledek. Dari situ kelihatan kalau kau pintar.

      Delete
  32. Allah mengirim sesuatu keajaiban untuk bangsa israel, bukan untuk bangsa arab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi bangsa kita cinta arab loh...tuh tiap jam teriak di Toa pake bahasa unta...

      Delete
    2. pdhl Toa juga tdk ada didlm quran loh...

      Delete
  33. ilmu saya jauh dibawah ulil abshar abdalla, tapi perlu saya ingatkan di dalam al quran memang tidak disebutkan secara jelas bahwa yg dikorbankan ibrahim adalah ismail, namun dijelaskan bahwa anak yg dikorbankan ibrahim adalah anak yg sabar, dalam alquran disebutkan ismail adalah termasuk nabi yg sabar, ishak nabi yg alim. jadi jelas bahwa anak yg dikorbankan itu anak yg sabar yakni ismail. selain itu kisah pengorbanan anak ibrahim terjadi sebelum kelahiran ishak, logikanya kalau ibrahim sudah punya dua anak tentu dia tidak akan merasa berat untuk mengorbankan salah satu anaknya toh masih ada anak yg lain dengan demikian ujian itu tidak terlalu bernilai, tapi kalau anak satu-satunya dikorbankan tentu itu ujian sangat besar, faktanya anak yg dikorbankan ibrahim adalah anak tunggal tentu saja yg dimaksud adalah ismail sebab waktu itu ishak belum lahir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. tu menurut quran dgn dalilnya,,, kalo mo jelas ya Taurat yahudi dong itu kitab jauh sebelum quran,,, soal yg "yang sabar" itukan normatif tidak bs jadi rujukan,,,

      Delete
    3. namanya juga kitab multi tafsir..,ya tergantung dari selera masing2 yg menafsir....

      Delete
    4. Pertama kau bilang di dalam alquran tidak disebutkan secara jelas bahwa yg dikorbankan ibrahim adalah ismail.
      Eh, tiba2 dgn kemampuan berfantasi kau, kau bilang dgn yakin, jelas bahwa anak yg dikorbankan itu anak yg sabar yakni ismail.
      Kalok gitu, kau saja yg bikin kitabnyalah...Kulihat kau bisa lebih tegas dan jelas dari kitabmu sendiri.

      Delete
    5. dalam al quran suatu surah dengan surah yg lain sering berkaitan, berita kelahiran ishak terjadi setelah peristiwa pengorbanan ismail. dalam al quran nabi yg terkenal sabar yaitu ismail, idris dan zulkifli. yg terkenal soleh yaitu ibrahim, ishak, yakub, yg terkenal berahlak mulia yaitu muhammad. kesabaran itu melekat pada ismail bukan ishak walaupun sebenarnya semua nabi pastilah manusia-manusia penyabar. dalam al quran kalau nama ibrahim dan anak-anaknya disebut maka nama ismail selalu disebut lebih dahulu baru ishak. ini juga menunjukkan bahwa ismail itu anak sulung ibrahim.

      Delete
    6. Maka belajarlah dari Orang Orang yang terdahulu dan Kitab -kitab yang terdahulu, karena kitab di turunkan oleh Allah, maka Allah tidak akan pernah salah dalam menurunkan Kitab nya, jadi rangkaiannya adalah Kitab Taurat ( Perjanjian Lama - Alkitab perjanjian Lama ) kemudaian Injil ( kitab perjanjian Baru ) dan kemudian...., seharusnya semua kitab akan sinkron dan sesuai, karena semuanya adalah yang di turunkan oleh Allah.

      Delete
  34. Yg jelas siapapun yg dikorbankan,agama islam adalah agama terlogis terbaik,klo tuhan bisa dibantai manusia kayak agama sebelah ,kok kayae goblok banget dan lemah bangetya tuhan anda.

    ReplyDelete
  35. Yg jelas siapapun yg dikorbankan,agama islam adalah agama terlogis terbaik,klo tuhan bisa dibantai manusia kayak agama sebelah ,kok kayae goblok banget dan lemah bangetya tuhan anda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernyataan anda menunjukkan anda kurang mengerti siapa Tuhan Yesus Kristus, Tuhan Yesus Kristus memang 'terlihat' lemah karena dia bisa 'dibantai' oleh 'manusia', tapi sebenarnya Tuhan Yesus Kristus membiarkan diriNya 'dibantai' supaya menjadi 'korban' penebusan dosa seluruh umatNya. Jika Tuhan Yesus Kristus tidak memberikan hidupNya sebagai penebusan dosa manusia kepada Allah dan mati, maka tidak akan ada penebusan dosa untuk saya, dan mungkin kamu juga, dan kita seluruh umat manusia pasti hanya akan bisa masuk kedalam neraka, karena kita semua sudah memberontak kepada Allah dalam hal apapun dan korban hewan domba ataupun kambing tidak akan bisa menggantikan manusia yang lebih terhormat dan tinggi derajatnya dibandingkan hewan, apalagi hanya sekedar perbuatan baik, karena hanya darah Anak Allah lah harus dicurahkan untuk nampu menebus dosa. Sudahkah kamu menerima Tuhan Yesus sebagai satu-satunya juruselamatmu? Hanya Tuhan Yesus Kristus, 100% Allah dan 100% manusia yang bisa menjadi korban pendamaian dan perantara antara Allah dan manusia yang Allah kasihi dan Allah tebus dari dosanya? Jika belum, inilah saatnya, belum tentu anda bisa mendengarkan Injil ini lagi sebelum anda mati. Soli Deo Gloria.

      Delete
    2. ga jelas lu ah

      Delete
  36. Lil ulil abshor...golek kerang sik kono lho!

    ReplyDelete
  37. Alkitab sudah di ganti berkali2, diragukan keautentikannya, coba buka injil tahuan 60an di kejadian....

    Penyembelihan terjadi di makkah, hanya ismail yg ada di makkah, ishak dan sarah ada di palestina

    ReplyDelete
  38. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  39. KIRA2 DIGAJI BRAPA ORG INI SAMA ORNG YAHUDI/NASRANI YAAA???

    ReplyDelete
  40. KIRA2 DIGAJI BRAPA ORG INI SAMA ORNG YAHUDI/NASRANI YAAA???

    ReplyDelete
  41. Sebenarnya pertanyaan yang pas terlebih dahulu dipertanyakan kepada ulil, kepada siapa ia berpihak ketika mengeluarkan thesis seperti diatas, terjadinya perdebatan siapakah yg disembelih ibrahim ismail ataukah ishaq sebenarnya akan berpengaruh kepada legitimasi siapakah sang mesias alias juru selamat yang ditunggu ummat yahudi, patut kita ketahui bahwa bangsa yahudi adalah anak turun dari ibrahim melalui ishaq sedang ismail garis keturunan nabi muhammad, disinilah pertarungan nya.. siapakah jiru aelamat yg dijanjikan tuhan
    Jika anda mempercayai ismail maka muhammadlah juru selamat itu dg cara memberikam syafaat. Sedang jika ishaq maka juru selamatnya adalah isa melalui penebusan dosanya.
    Agak ambigu jika ustd ulil mengatakan ishaq karna secata tidak langsung beliau mendukung isa sebagai juru selamatnya bukan nabi muhammad
    #shollualannabimuhammad

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apabila didekati dengan metode historis kritis atau kritik sumber, Kisah Abraham tidak hendak menyatakan garis keturunan berdasarkan darah tetapi iman. kisah Abraham - Ishak - Yakub awalnya merupakan kisah2 tersendiri yang ada di dalam masyarakat Yahudi kala itu. lalu ketiga kisah itu digabung menjadi seolah-olah satu kisah yang continues/bersambung. maka keberatan apakah mendukung Isa atau Yesus berdasarkan logika keturunan, agak susah diterima.

      Delete
  42. dia comot dari ayat yg kontradiksi

    “Ambillah anakmu yang "TUNGGAL" itu, yang engkau kasihi, yakni Ishaq” . Kejadian 22:2 << dalili ini bilang anak tunggal itu ishak
    ================
    Abram berumur delapan puluh enam tahun, ketika Hagar melahirkan Ismael baginya. Kejadian 16:16

    “Ketika Abram berumur sembilan puluh sembilan tahun, maka TUHAN menampakkan diri kepada Abram” ( Kejadian 17:1)
    Aku akan memberkatinya, dan dari padanya juga Aku akan memberikan kepadamu seorang anak laki-laki, bahkan Aku akan memberkatinya, sehingga ia menjadi ibu bangsa-bangsa; raja-raja bangsa-bangsa akan lahir dari padanya.”(Kejadian 17:16)

    dalili di atas menjelaskan bahwa ismail lah anak pertama, jadi ishak ga bisa di sebut anak tunggal,,,
    ==========================================================
    hayo bingung kan hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam Alkitab, pengujian iman Abraham utk mengorbankan Ishak (nama disebutkan jelas) disebutkan pada Kejadian 22. Peristiwa pengusiran Hagar dan Ismail terjadi sebelumnya (Kejadian 21). Jadi jelas dari urutan peristiwanya dan dari penyebutan namanya bahwa Ishak yang akan dikurbankan. Ishak disebut "anak tunggal" dalam Kejadian 22, karena Ismael sudah diusir sebelumnya dan tidak diperhitungkan Allah sebagai pewaris janji Allah. Ismail hanya diberkati dengan keturunannya yang 12 suku. Sebaliknya dalam Alquran tidak jelas disebutkan siapa yg dikurbankan.

      Delete
    2. Dalam Alkitab, pengujian iman Abraham utk mengorbankan Ishak (nama disebutkan jelas) disebutkan pada Kejadian 22. Peristiwa pengusiran Hagar dan Ismail terjadi sebelumnya (Kejadian 21). Jadi jelas dari urutan peristiwanya dan dari penyebutan namanya bahwa Ishak yang akan dikurbankan. Ishak disebut "anak tunggal" dalam Kejadian 22, karena Ismael sudah diusir sebelumnya dan tidak diperhitungkan Allah sebagai pewaris janji Allah. Ismail hanya diberkati dengan keturunannya yang 12 suku. Sebaliknya dalam Alquran tidak jelas disebutkan siapa yg dikurbankan.

      Delete
  43. Sepengetahuan saya dalam alquran tidak disebut Ismail atau Ishak yang dikorbankan cuma disebut "anak Ibrahim" sehingga seharusnya bukanlah perdebatan Ismail atau Ishak yang mengemuka, melainkan "nilai keteladanan dan kepatuhan kepada Allah yang dicontohi, karena yang pasti yang dikorbankan Ibrahim/Abraham adalah "domba"

    ReplyDelete
  44. وَاذْكُرْ فِي الْكِتَابِ إِسْمَاعِيلَ ۚ إِنَّهُ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُولًا نَبِيًّا

    Dan ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka) kisah Ismail (yang tersebut) di dalam Al Quran. Sesungguhnya ia adalah seorang yang benar janjinya, dan dia adalah seorang rasul dan nabi.

    ReplyDelete
  45. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  46. الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي وَهَبَ لِي عَلَى الْكِبَرِ إِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَاقَ ۚ إِنَّ رَبِّي لَسَمِيعُ الدُّعَاءِ

    Segala puji bagi Allah yang telah menganugerahkan kepadaku di hari tua(ku) Ismail dan Ishaq. Sesungguhnya Tuhanku, benar-benar Maha Mendengar (memperkenankan) doa.

    ReplyDelete
  47. وَإِذْ جَعَلْنَا الْبَيْتَ مَثَابَةً لِلنَّاسِ وَأَمْنًا وَاتَّخِذُوا مِنْ مَقَامِ إِبْرَاهِيمَ مُصَلًّى ۖ وَعَهِدْنَا إِلَىٰ إِبْرَاهِيمَ وَإِسْمَاعِيلَ أَنْ طَهِّرَا بَيْتِيَ لِلطَّائِفِينَ وَالْعَاكِفِينَ وَالرُّكَّعِ السُّجُودِ

    Dan (ingatlah), ketika Kami menjadikan rumah itu (Baitullah) tempat berkumpul bagi manusia dan tempat yang aman. Dan jadikanlah sebahagian maqam Ibrahim tempat shalat. Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail: "Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang thawaf, yang i'tikaf, yang ruku' dan yang sujud".

    ReplyDelete
  48. Ulil ulil kirain penjelasanmu gimana, tyt gitu doang itu.. Thx buat pak aziz..

    ReplyDelete
  49. Ini dia jawabannya :

    Setelah membaca ayat 100-111 yang mengisahkan kronologis pengurbanan, teruskan membaca hingga ayat 112. Setelah proses pengorbanan selesai dilakukan Nabi Ibrahim, surat Ash-Shaffat 112 memberitakan kelahiran Nabi Ishaq.
    “Dan Kami beri dia kabar gembira dengan kelahiran Ishaq seorang Nabi yang termasuk orang-orang yang saleh” (Qs As-Shaffat 112).
    Jika Nabi Ishaq lahir setelah terjadinya peristiwa penyembelihan, maka dapat disimpulkan secara otomatis anak shalih yang hendak dikurbankan Ibrahim itu pastilah Nabi Ismail. Mustahil Nabi Ibrahim mengorbankan Ishaq, karena saat prosesi qurban dilakukan, Ishaq belum lahir.

    Si Ulil memang suka cari sensasi, tp pengetahuannya kurang :D

    ReplyDelete
  50. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  51. Memang Ishaq.. ini kan Kisah Taurat yang ada ribuan tahun sebelum Quran dan Hadits..

    ReplyDelete
  52. Penjelasan si Ulil yang sesat dan menyesatkan

    ReplyDelete
  53. Dasar liberal.. tendensi mulu motong2 ayat, tafsir secuil2 seenak udel.
    memang benar pada ayat 102 tidak disebut. Namun setelah ayat tersebut dijelaskan hingga ibrahim mendapatkan pujian atas kesabaranya terhadap perintah Allah sampai ayat ke 111. Kemudian setelah kejadian tersebut dijelaskan diayat ke 112 tentang tambahan nikmat pada ibrahim yakni : Dan kami beri kabar gembira dengan kelahiran Ishaq seorang nabi dan termasuk orang2 saleh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kisah Taurat sudah ada ribuan tahun sebelum Quran dan Hadits

      Delete
    2. paling gampang kan tinggal nyontek + modifikasi dikit.. + stempel dr olloh ...

      Delete
  54. ha haa ha ha lil ulil....lil ulil...masih segitu-segitu aje...

    ReplyDelete
  55. hahaha...
    padahal belum pada lahir kalian semua di zaman itu tp sok2an berdebat...
    kalau berdasarkan kitab suci nya tak akan ketemu jawabnya... jadi buat apa kalian perdebatkan siapa yg dikurbankan... sama nya Tuhan kita tp kek jadi 2 Tuhan kalian buat... cukup lah itu... lakukan aja apa yg baik dalam agama kalian... krna semua agama mengajarkan yg baik... tak ada menyuruh mencaci atau mencela agama org... bukan kita hakim di dunia ne jadi jangan merasa benar dengan semua yg kalian tau di dunia ini... terim kasih #salamdamai

    ReplyDelete
  56. Bukan Ulil kalo tdk Berseberangan dgn JUMHUR ULAMA.

    Jika Selama ini sllu membela Amerika & Anteknya..

    Sekarang lebih membenarkn apa yg diyaqini Yahudi dan Anteknya.

    Sebentar Lagi Ulil ini akn menjadi Pembela DAJJAL Laknat.

    Seperti orang ini yg kayaknya tipe orang yg dihawatirkn Nabi.

    " Selalu membuka Peluang utk saling HUJAT dan menyediakan Gembong Fitnah "

    ReplyDelete
  57. semua berdebat dengan argumen dan keyakinan masing2x ... meninggalkan adat ketimuran nan santun, ada yang provokatif-ada yang kipas-kipas, alhamdulillah masing banyak yang jernih dalam berpendapat ...padahal yang buat cerita lagi tepuk tangan dan tertawa melihat kita bertengkar ...SUNGGUH TERLALU

    ReplyDelete
  58. Gk Perlu trlalu serius ditanggapi..
    Anggap sj Pelawak dan Ketoprak Murahan....

    Liat BIBIR nya tuh ha... ha...

    Sudah Beda dgn yg Biasa dmiliki orang kebanyakan..

    Mk Pantas saja Ngomongnya jg Beda

    Kwak.... kwak...

    Berapa duit lho makan dari kelompok Perusak Agama Islam Liiil...

    Ke madura Lho tak kentuti tuh Bibir Sumbingmu

    Kwak.. kak.. kak..

    ReplyDelete
  59. Bagaimana mungking sebuah buku yang keluar beribu2 tahun dari sebuah catatan sejarah yg ditulis ribuan tahun sebelumnya lalu tiba2 mau menghapus sejarah yg sdh diyakini dan tertulis itu.....sangat gak masuk akal,apalagi isi buku yg keluar itu bukan hanya mengubah satu dua sejarah,tapi hampir semua catatan sejarah diterjangnya.buku apakah itu? Coba renungkan dengan hikmat jangan dengan fanatik yg diajarkan orang tuamu lalu kami ikuti begitu saja tanpa cari kebenarannya....seberapa kamu mengerti jelas tentang buku itu? Coba kamu baca isi buku itu kata perkata lalu kamu artikan buku itu tanpa baca tafsir apa kamu bisa ngerti? Tafsir itu yg nafsirnya org apa malaikat apa tuhan itu sendiri? Kalau yang nafsir itu orang,jadi masing2 org boleh donk menafsirkan dengan cara dan pemikiran mereka yang berbeda? So kalau sekedar perbedaan tafsir kenapa harus dibilang sesat dan gak punya otak dsb.ya kan wajar aja tafsirnya beda orangnya aja beda.kalau tafsir mesti ibikin kompak itu namanya tafsir yang direncanakan unt melakukan sesuatu.sesat itu bro.jangan batasi Allah mu dengan sains lah pikiran dangkalmu lah dll.renungkanlah itu semua.God bless

    ReplyDelete
  60. Abraham hdp sekitar abad 19 sm diperkirakan berasal dr daerah irak, hidup secara nomaden, beliau mengembara dan sampailah di palestina disinilah kisahnya dimulai. Kisah anak yg dikorbankan itu berada di kitab taurat (bhs arab) diambil dr bhs yahudi (torah) ada 5 kitab torah maka kitab torah ini disebut juga dgn pentataukh, kitab ini dtulis dlm 4 zaman berbeda dan kebanyakan ditulis pda abad ke 6 sm pada masa pembuangan bgs israel ke babilon. Saat Nabi Muhamad hdp alkitab sdh jadi dan sdh menyebar sp ke daerah timur tengah juga.

    ReplyDelete
  61. Hanya PSIKOPAT yang mau menyembelih anak sendiri karena bisikan yang diyakininya bisikan tuhan. Untung dia tersadar sebelum terlambat, dan mendongeng kalau tuhan membatalkan perintah penyembelihan. hahaha. Nabi Koplak jadi panutan jutaan umat 3 agama padang gurun!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sih setuju saja, memang kisah ini sebenarnya tdk pernah terjadi. Itulah kelihaian bangsa yahudi mengisahkannya iman seorang abraham utk merefleksikan imannya saat bangsanya (yahudi) yg hdp dnegara bangsa lain saat menjadi budak jajahan

      Delete
    2. wong bodoh, tapi pinter joss gandoss

      Delete
  62. Tidak usah ribut. Mari kembali pada teks aslinya saja, yaitu kitab Taurat Yahudi. Di sana jelas disebutkan bahwa yang dikorbankan adalah Ishak, bukan Ismail. Yang ngotot mengatakan Ismail berarti secara tidak langsung sudah menyangkal bahwa kisah tersebut diambil dari Taurat Yahudi. Pertanyaan saya, lantas kitab atau sumber manakah yang mendukung pernyataan bahwa yang dikorbankan adalah Ismail? Silahkan tunjukkan sumbernya.

    ReplyDelete
  63. Kalau alQur'an tidak menyebut dengan terang ya tidak bisa juga menyebut bahwa yang disembelih adalah Ishak.

    ReplyDelete
  64. Uda ga usa ribut...inget2 aja ayat ini.

    Matius 12:36-37 (TB)

    Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman.
    Karena menurut ucapanmu engkau akan dibenarkan, dan menurut ucapanmu pula engkau akan dihukum."

    http://www.bibleforandroid.com/v/9ed5328d8748

    ReplyDelete
  65. https://www.facebook.com/notes/membongkar-kepalsuan-bibel/siapakah-anak-yang-dikorbankan-ibrahim-ismail-atau-ishak-/307542365938673

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beragam kontradiksi yg terjadi: torah (kitab org yahudi)
      Zabur (masmur) pujian2 daud ke yahwe (kitab org istrael)
      Injil ( kitab org kristen)
      Kitab torah-zabur (yahudi-israel) dipakai dan dipertahankan dgn sebegitu rupa nmn bangsa itu yg membuat kitab di musuhi dan dikatakan kafir.
      Injil dkatakan dan dihujat terus menerus namun diakui sebagai kitab suci; mana yg benar?????

      Delete
  66. bro, bro gak penting2 amat bro...soal siapa yang dijadikan kurban.....karena tidak membuat orang murtad, broooo.....

    ReplyDelete
  67. Torah-zahur dtulis sekitar abad 6-4 sm
    Injil dtulis sekitar thn 60 sp thn 100 dan alkitab resmi dgunakan pd sekitar abad ke 4 m dan sdh menyebar ke slrh dunia termsk ke timur tengah (yg menulis dikatakan palsu yg menulis kemudian dkatakan asli) ?????

    ReplyDelete
  68. Kalau ada sejarah di indonesia di tululis di negara filipina akal manusia tak bisa menerima demikian juga kisah abraham di israel di tulis di arab kalau kita cerdas sedikit kita sempat nempertimbangkanya

    ReplyDelete
  69. hahahaha...kenapa yg seneng Komennya malah Nasrani ? Lucu sekali...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena Ulil itu panutan nasrani. Si dangkal ilmu dan suka nyerocos itu sangat disukai kaum jil, syiah dan nasrani

      Delete
  70. Tuhan koq Ragu2 ya? tdk bisa nyebut nama si A atau si B yg dikorbankan, takut salah kali ya.....

    ReplyDelete
  71. Mengapa harus mikirin siapa yang dikurbankan. Itu khan Kisah lampau entah Nabi Ismail atau Ishaq. Tuhan tetap hanya satu yaitu ALLOH Ta'ala. Tafsir Orang bisa salah dan bisa benar tapi ALqur'an Mutlak Benar. Itu Pendapat Saya C. "Sebaik-bainya manusia yaitu yang bermanfaat bagi orang lain"

    ReplyDelete
  72. hahahahaaaa, dari mereka berdua gak ada yg di korbankan...
    jgn ngaur asal bunyi. yg di jadikan korban itu binatang (domba) coba baca baik2 lah,,, jgn ikut arus. kebanyakan gak bisa baca, apa lagi terjemahkan jadi psti asal ikut aja. BELAJAR!!!!!!

    ReplyDelete
  73. Siapapun yang dikorbankan tapi yang pasti umat islam lah yang meneladani qurban itu dan menjadi sebuah bangsa yang di janjikan Allah seperti dalam alkitab :

    matius 21:43 Sebab itu, Aku berkata kepadamu, bahwa Kerajaan Allah akan diambil dari padamu dan akan diberikan kepada suatu bangsa yang akan menghasilkan buah Kerajaan itu.

    Lalu mengenai anak yang TUNGGAL itu:

    Kejadian 22:2 Firman-Nya: "Ambillah anakmu yang TUNGGAL itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu."

    TUNGGAL itu berarti HANYA SATU SATUNYA!

    Jika pada saat itu Ismail berusia 14 Tahun baru Ishak lahir, jelaslah ISHAK BUKAN ANAK TUNGGAL ABRAHAM!

    Apakah Abraham tidak menyebut Ismail ini adalah ANAK?
    Jelaslah Ismail adalah anaknya Abraham juga walaupun dia terlahir dari seorang yang kalian sebut budak.

    Jadi dari sini sudah jelas Anak yan unggal itu adalah Ismail, karena Abraham juga mengakuinya sebagai anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam Alkitab, pengujian iman Abraham utk mengorbankan Ishak (nama disebutkan jelas) disebutkan pada Kejadian 22. Peristiwa pengusiran Hagar dan Ismail terjadi sebelumnya (Kejadian 21). Jadi jelas dari urutan peristiwanya dan dari penyebutan namanya bahwa Ishak yang akan dikurbankan. Ishak disebut "anak tunggal" dalam Kejadian 22, karena Ismael sudah diusir sebelumnya dan tidak diperhitungkan Allah sebagai pewaris janji Allah. Ismail hanya diberkati dengan keturunannya yang 12 suku. Sebaliknya dalam Alquran tidak jelas disebutkan siapa yg dikurbankan.

      Delete
  74. Sekedar info:
    Alkitab orang Nasrani terdiri dari 2 bagian: perjanjian lama dan baru.
    Isi perjanjian lama adalah kitab2 Taurat Musa, sejarah nabi2 dan raja2 israel, berisi perjanjian Allah Abraham, Ishaq dan Yakub yang bernama Yhwh (Yahweh),dengan keturunan mereka, yaitu bangsa Israel. Sampai hari ini kitab2 ini nasih diperdengarkan oleh orang2 israel kepada keturunannya bahwa YHWH akan mengirimkan seorang Mesias atau Juruselamat untuk menyelamatkan bangsa Israel.
    Perjanjian Baru terdiri dari kitab Injil dan surat2 Bapa2 gereja mula2 kepada jemaat, juga ditutup dengan kitab Wahyu, berisi pengelihatan Yohanes tentang akhir jaman, dan sekaligus tentang keselamatan pengikut Yesus sampai pada penghakiman terhadap semua orang.
    Perjanjian lama dan baru dirangkai melalui rapat Bapa2 gereja, dikeluarkan oleh uskup Alexandria Athanasius tahun 367 M yang berlaku hingga hari ini di semua gereja. Dewan Hippo mengesahkan tahun 393 M, Sinode Chartage tahun 397 M, dan Dewan Carthagina tahun 419 M. Namun demikian, tidak seluruh gereja Timur sepakat dengan rangkaian kitab yang diusulkan ini hingga saat ketika terjemahan dalam bahasa Suriah yang kira-kira muncul pada tahun 508 M akhirnya semua gereja mengakuinya hingga saat ini.
    Perjanjian baru berisi 4 kitab injil, dari kisah para rasul tentang pekabaran injil kerajaan sorga ke asia kecil, dan surat2 Bapa gereja untuk mengamalkan iman Kristen dan menantikan kedatangan Yesus yang ke dua. Ajaran Yesus dan Bapa2 gereja inilah yang diberitakan ke seluruh dunia bahwa Sang Mesias telah datang yaitu Yesus, yang menyerahkan nyawanya untuk menjadi contoh penundukanNya yang sempurna kepada BapaNya. Dia juga meneruskan konsep umat Israel bahwa Allah adalah Bapa kita dan kita adalah anak-anakNya, hanya dengan beriman kepadaNya, bahwa Allah mengutus Dia ke dunia untuk nenyelamatkan dunia oleh pengorbanan di kayu salib dengan mencucurkan darahNya untuk penebusan kita semua, orang berdosa.
    Kesimpulan: Alkitab adalah karya manusia yang mengalami proses selama ribuan tahun dimulai dari tahun 1400 SM hingga 367 M. Segala misteri kehidupan telah dipandu, bahkan sampai kejadian2 akhir jaman yang mulai digenapi satu-persatu. Sangat tidak bijaksana jika kita hanya percaya pada apa yang kita tahu dan tidak mencari kebenaran karena pada akhirnya tanggung jawab ada pada diri kita masing2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibandingkan dng kitab sebelah yg diturunkan oleh mahluk halus dari Goa gelap sarang Wewe-gombel,..mana yg lbh logis ya?

      Delete
    2. Abraham dan Sarah adl Suami Istri Yang Sah, melahirkan Ishak dan Anak Tunggal.
      Abraham dan Hagar adl Suami Istri Yang Sah, melahirkan Ismael, dan adik2nya. Ismail bukan anak tunggal.
      Ismail abangnya Ishak. Yang dikorbankan itu adl Anak Tunggal.

      Delete
    3. Tanya, yg duluan lahir ismail apa ishaq? Kalau ismail dilahirkan sebelum ishaq dan kejadian itu sebelum ishak (anak kedua ibrahim) dilahirkan, apakah ismail yang waktu itu belum punya saudara tidak disebut anak tunggal???

      Delete
    4. Dalam Alkitab, pengujian iman Abraham utk mengorbankan Ishak (nama disebutkan jelas) disebutkan pada Kejadian 22. Peristiwa pengusiran Hagar dan Ismail terjadi sebelumnya (Kejadian 21). Jadi jelas dari urutan peristiwanya dan dari penyebutan namanya bahwa Ishak yang akan dikurbankan. Ishak disebut "anak tunggal" dalam Kejadian 22, karena Ismael sudah diusir sebelumnya dan tidak diperhitungkan Allah sebagai pewaris janji Allah. Ismail hanya diberkati dengan keturunannya yang 12 suku. Sebaliknya dalam Alquran tidak jelas disebutkan siapa yg dikurbankan.

      Delete
  75. Anak Haram mah nggak msk hitungan anak dimata Tuhan...

    anak hsl selingkuhan di kost2an, hsl mobil goyang, anak hsl embat si Inem dikamar tuan,.. semua nggak masuk hitungan buat persembahan krn aib hanya malu2in saja

    ReplyDelete
  76. Gak usah berdebat dengan orang gila,, disini anda yang waras akan tau betapa dangkalnya ilmu si ulil. Sarah memang istri pertama Ibrahim namun tidak kunjung dikaruniahi anak, maka sarah memberi izin Ibrahim untuk menikahi Siti Hajar yang akhirnya melahirkan Ismail, setelah beberapa tahun barulah Sarah dikaruniahi anak bernama Ishaq, makanya dalam islam Ishaq itu urutan kenabiannya setelah Ismail,, kalau Ulil menganggap Ismail bukan anak pertama Ibrahim, berarti ulil bukan dari golongan orang yang beriman,, simpel kan?? Jangan berdebat dengan orang kafir

    ReplyDelete
  77. ini terjemah dari Al Quran, Surah As Shafaat... jelas dan gamblang disebutkan... jadi yang dibilang si Ulil yang ngaku ngaku ngerti isi Qur'an tapi menterjemahkan seenak udelnya adalah salah...Ulil adalah orang picik yang mengaku Islam, dibuat untuk menghancurkan Islam

    37-100: "Rabbi (wahai Tuhanku)! Kurniakanlah kepadaku daripada (keturunan) orang yang salih.”
    37-101: Maka Kami (Allah) berikannya khabar gembira dengan seorang anak yang penyantun.
    37-102: Maka tatkala anak itu sampai (umur) berusaha bersama-samanya (Ibrahim), dia berkata: "Wahai anakku, sesungguhnya aku melihat dalam tidurku (mimpi) bahawa aku menyembelih engkau. Maka fikirkanlah, apa pendapatmu!" Dia (anaknya) menjawab: "Wahai bapaku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepada engkau, Insya’llah engkau akan mendapati aku termasuk orang yang sabar."
    37-103: Tatkala kedua-duanya telah aslim (berserah diri), dan dia (Ibrahim) membaringkan (anak)nya atas kening(nya).
    37-104: Dan Kami (Allah) panggillah dia: "Wahai Ibrahim!”
    37-105: “Sesungguhnya engkau telah membenarkan mimpi itu." Sesungguhnya demikianlah Kami (Allah) memberi balasan kepada orang muhsinin (yang berbuat baik).
    37-106: Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata.
    37-107: Dan Kami (Allah) tebus (ganti) dia (anak itu) dengan (seekor) sembelihan yang besar.
    37-108: Kami (Allah) tinggalkan atasnya (Ibrahim) pada orang yang datang kemudian.
    37-109: Salam atas Ibrahim.
    37-110: Demikianlah Kami (Allah) memberi balasan kepada orang muhsinin (yang berbuat baik).
    37-111: Sesungguhnya dia (Ibrahim) termasuk hamba-hamba Kami (Allah) yang beriman.
    37-112: Dan Kami (Allah) berikan dia khabar gembira dengan (kelahiran) Ishaq, seorang nabi yang termasuk orang yang salih.
    37-113: Kami (Allah) limpahkan keberkatan atasnya dan atas Ishaq. Dan antara anak cucunya ada yang berbuat baik dan ada (pula) yang zalim terhadap dirinya sendiri dengan nyata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang anda kutip memperkuat apa yang dikatakan oleh Ulil...bahwa Iskak lah yg dikorbankan. Banyak ulama Islam menyebut demikian. Buka wawasan pengetahuan anda, spy tidak cetek. Maaf ya.

      Delete
    2. Kejadian 22:1-19 (TB) Setelah semuanya itu Allah mencoba Abraham. Ia berfirman kepadanya: "Abraham," lalu sahutnya: "Ya, Tuhan."
      Firman-Nya: "Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu."
      Keesokan harinya pagi-pagi bangunlah Abraham, ia memasang pelana keledainya dan memanggil dua orang bujangnya beserta Ishak, anaknya; ia membelah juga kayu untuk korban bakaran itu, lalu berangkatlah ia dan pergi ke tempat yang dikatakan Allah kepadanya.
      Ketika pada hari ketiga Abraham melayangkan pandangnya, kelihatanlah kepadanya tempat itu dari jauh.
      Kata Abraham kepada kedua bujangnya itu: "Tinggallah kamu di sini dengan keledai ini; aku beserta anak ini akan pergi ke sana; kami akan sembahyang, sesudah itu kami kembali kepadamu."
      Lalu Abraham mengambil kayu untuk korban bakaran itu dan memikulkannya ke atas bahu Ishak, anaknya, sedang di tangannya dibawanya api dan pisau. Demikianlah keduanya berjalan bersama-sama.
      Lalu berkatalah Ishak kepada Abraham, ayahnya: "Bapa." Sahut Abraham: "Ya, anakku." Bertanyalah ia: "Di sini sudah ada api dan kayu, tetapi di manakah anak domba untuk korban bakaran itu?"
      Sahut Abraham: "Allah yang akan menyediakan anak domba untuk korban bakaran bagi-Nya, anakku." Demikianlah keduanya berjalan bersama-sama.
      Sampailah mereka ke tempat yang dikatakan Allah kepadanya. Lalu Abraham mendirikan mezbah di situ, disusunnyalah kayu, diikatnya Ishak, anaknya itu, dan diletakkannya di mezbah itu, di atas kayu api.
      Sesudah itu Abraham mengulurkan tangannya, lalu mengambil pisau untuk menyembelih anaknya.
      Tetapi berserulah Malaikat TUHAN dari langit kepadanya: "Abraham, Abraham." Sahutnya: "Ya, Tuhan."
      Lalu Ia berfirman: "Jangan bunuh anak itu dan jangan kauapa-apakan dia, sebab telah Kuketahui sekarang, bahwa engkau takut akan Allah, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku."
      Lalu Abraham menoleh dan melihat seekor domba jantan di belakangnya, yang tanduknya tersangkut dalam belukar. Abraham mengambil domba itu, lalu mengorbankannya sebagai korban bakaran pengganti anaknya.
      Dan Abraham menamai tempat itu: "TUHAN menyediakan"; sebab itu sampai sekarang dikatakan orang: "Di atas gunung TUHAN, akan disediakan."
      Untuk kedua kalinya berserulah Malaikat TUHAN dari langit kepada Abraham,
      kata-Nya: "Aku bersumpah demi diri-Ku sendiri — demikianlah firman TUHAN —: Karena engkau telah berbuat demikian, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku,
      maka Aku akan memberkati engkau berlimpah-limpah dan membuat keturunanmu sangat banyak seperti bintang di langit dan seperti pasir di tepi laut, dan keturunanmu itu akan menduduki kota-kota musuhnya.
      Oleh keturunanmulah semua bangsa di bumi akan mendapat berkat, karena engkau mendengarkan firman-Ku."
      Kemudian kembalilah Abraham kepada kedua bujangnya, dan mereka bersama-sama berangkat ke Bersyeba; dan Abraham tinggal di Bersyeba.

      http://www.bibleforandroid.com/v/b98c10588dfd

      Delete
    3. Kejadian 22:1-19 (TB) Setelah semuanya itu Allah mencoba Abraham. Ia berfirman kepadanya: "Abraham," lalu sahutnya: "Ya, Tuhan."
      Firman-Nya: "Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu."
      Keesokan harinya pagi-pagi bangunlah Abraham, ia memasang pelana keledainya dan memanggil dua orang bujangnya beserta Ishak, anaknya; ia membelah juga kayu untuk korban bakaran itu, lalu berangkatlah ia dan pergi ke tempat yang dikatakan Allah kepadanya.
      Ketika pada hari ketiga Abraham melayangkan pandangnya, kelihatanlah kepadanya tempat itu dari jauh.
      Kata Abraham kepada kedua bujangnya itu: "Tinggallah kamu di sini dengan keledai ini; aku beserta anak ini akan pergi ke sana; kami akan sembahyang, sesudah itu kami kembali kepadamu."
      Lalu Abraham mengambil kayu untuk korban bakaran itu dan memikulkannya ke atas bahu Ishak, anaknya, sedang di tangannya dibawanya api dan pisau. Demikianlah keduanya berjalan bersama-sama.
      Lalu berkatalah Ishak kepada Abraham, ayahnya: "Bapa." Sahut Abraham: "Ya, anakku." Bertanyalah ia: "Di sini sudah ada api dan kayu, tetapi di manakah anak domba untuk korban bakaran itu?"
      Sahut Abraham: "Allah yang akan menyediakan anak domba untuk korban bakaran bagi-Nya, anakku." Demikianlah keduanya berjalan bersama-sama.
      Sampailah mereka ke tempat yang dikatakan Allah kepadanya. Lalu Abraham mendirikan mezbah di situ, disusunnyalah kayu, diikatnya Ishak, anaknya itu, dan diletakkannya di mezbah itu, di atas kayu api.
      Sesudah itu Abraham mengulurkan tangannya, lalu mengambil pisau untuk menyembelih anaknya.
      Tetapi berserulah Malaikat TUHAN dari langit kepadanya: "Abraham, Abraham." Sahutnya: "Ya, Tuhan."
      Lalu Ia berfirman: "Jangan bunuh anak itu dan jangan kauapa-apakan dia, sebab telah Kuketahui sekarang, bahwa engkau takut akan Allah, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku."
      Lalu Abraham menoleh dan melihat seekor domba jantan di belakangnya, yang tanduknya tersangkut dalam belukar. Abraham mengambil domba itu, lalu mengorbankannya sebagai korban bakaran pengganti anaknya.
      Dan Abraham menamai tempat itu: "TUHAN menyediakan"; sebab itu sampai sekarang dikatakan orang: "Di atas gunung TUHAN, akan disediakan."
      Untuk kedua kalinya berserulah Malaikat TUHAN dari langit kepada Abraham,
      kata-Nya: "Aku bersumpah demi diri-Ku sendiri — demikianlah firman TUHAN —: Karena engkau telah berbuat demikian, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku,
      maka Aku akan memberkati engkau berlimpah-limpah dan membuat keturunanmu sangat banyak seperti bintang di langit dan seperti pasir di tepi laut, dan keturunanmu itu akan menduduki kota-kota musuhnya.
      Oleh keturunanmulah semua bangsa di bumi akan mendapat berkat, karena engkau mendengarkan firman-Ku."
      Kemudian kembalilah Abraham kepada kedua bujangnya, dan mereka bersama-sama berangkat ke Bersyeba; dan Abraham tinggal di Bersyeba.

      http://www.bibleforandroid.com/v/b98c10588dfd

      Delete
  78. Ulil-ulil gmn org mo percaya ma ente, melihat muka ente aja org sdh engga simpatik

    ReplyDelete
  79. Bagus neh...
    Bikin pemikiran hidup lagi.
    Kalo gak terima kan bisa ngaji lagi..belajar lagi.. Disanggah dgn pengetahuan dan keilmuan bukan cacian.

    Jgn diambil emosi dulu..
    Ambil hikmahnya...
    Yuk buka lagi kitab dan buku kita

    ReplyDelete
  80. Ada banyak hal yang sama antara Yahudi, Kristen dan Islam...krn sumber aslinya sama. Tapi seiring perkembsngan jaman dan berbagai kepentingan...bikin versi sendiri2. Ga terlalu penting siapa yg dikorbankan. Yg penting kelakuan umat yg mengimaninya.

    ReplyDelete
  81. Jadi benar dalam Quran dan terjemahannya pun tidak disebut nama Ismail yg hendak dikurbankan, (padahal nama2 lain dipertegas dalam tanda kurung),.. sehingga wajar ulama Muslim bahkan katanya sahabat nabi pun berbeda2 pendapat. Kenapa tidak tegas...kenapa oh kenapa??Sementara kitab2 sebelumnya tegas menyebutkan nama Ishak...kenapa oh kenapa?? Mana yang benar..yang tegas atau yg tidak tegas??

    ReplyDelete
  82. Jadi benar dalam Quran dan terjemahannya pun tidak disebut nama Ismail yg hendak dikurbankan, (padahal nama2 lain dipertegas dalam tanda kurung),.. sehingga wajar ulama Muslim bahkan katanya sahabat nabi pun berbeda2 pendapat. Kenapa tidak tegas...kenapa oh kenapa??Sementara kitab2 sebelumnya tegas menyebutkan nama Ishak...kenapa oh kenapa?? Mana yang benar..yang tegas atau yg tidak tegas??

    ReplyDelete
  83. Ribet amat, kok percaya sama kitab yg tip tahun/ bbrapa tahun sX brubah / drubah para manusia penipu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halah..Di kitab lu cuma mimpi tuh dibilang...

      Delete
  84. Hebat ulil bikin orang pada geregetan, koq pembandingnya injil dan taurat yg ada saat ini yaa jelaslah itu kan sdh hasil aduk adukan bangsa Yahudi, hanya Al quran yang tak terbantahkan, hrsnya anda (ulil) lebih di kaji lagi Al quran, krn setiap ayat saling menerangkan ayat yg lain jd saling terhubung...smoga Allah Swt memberikan ampunan buat mang ulil.... Aamiin

    ReplyDelete
  85. Surat Asy Syafaat ayat 112 dan 113 itu adalah rangkain dari proses ayat 100-111.Disini sangat jelas bahwa diangkatnya Iskhq rosul karena telah menjalankan ujian yang diberkan Tuhan kepadanya,jadi sangat betul kalau yang dimaksud anak tsb adalah Iskhaq.Sementara dalam rangkain kisah ayat tsb tidak ada satupun dalam bhs Arabnya menyebutkan Ismail.Dalam sejarahnya Nabi Ismail tidak pernah bersama Bapaknya sewaktu masih kecil,karena dia sudah dijauhkan sejak berada dalam kandungan.

    ReplyDelete
  86. diskusi dan perdebatan yg sangat panjang. mending pada bertobat dan menjalankan imannya dengan baik. cintai sesama mahluk tuhan walau berbeda.

    ReplyDelete
  87. Memang agak sulit memverifikasi hal tersebut. Sebab ulama islam pun memiliki 2 pandangan berbeda dalam hal ini, walaupun jumhur mengatakan ismail tp banyak juga ulama yg berpendapat ishaq.

    ReplyDelete
  88. dari semua muslim keliatan banget betapa tololnya mereka, apa yang di maksud dg kebenaran siapa yang di kurbankan, untuk apa tujuan kurban dsb nie gue kasih referensi www.buktidansaksi.com

    ReplyDelete
  89. Semoga Tuhan memberkati kita semua

    ReplyDelete
  90. Yang jadi rujukan kok taurat dan injil.. Emang masih terjamin keasliannya? :D

    ReplyDelete
  91. Hanya karena kisah itu terjadi pada masa Taurat turun, bukan berarti sekarang kita harus percaya Taurat daripada Qur'an.
    Lebih terjamin mana kebenaran kedua Kitab tsb sekarang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah gimana broo,, mau percaya Al Quran tapi Al Quran nggak bilang apa mengenai kisah itu, yang ada ntar ngarang-ngarang cerita

      Delete
  92. Nggak penting siapa yang mau di khorbankan ismail, ishak, ismato, atau sumanto sekalipun,,, nggak penting,,, semua nggak jadi dikhorbankan,,, yang dikhorbankan adalah anak domba dari Allah yang melambangkan Yesus anak Allah yang di salibkan, sebagai Khorban penebusan dosa.

    ReplyDelete
  93. Mari mengaji yang benar. Kalo Al Quran mbaca nya dipotong2, analisisnya juga ngawur spt itu. Ini urut2an ayatnya. Baca scr keseluruhan ya runtutannya :

    ayat 100-113 Surat Ash-Shaffat
    100. Ya Tuhanku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh.
    101. Maka kami beri dia khabar gembira dengan seorang anak yang amat sabar.
    102. Maka tatkala anak itu sampai ( pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku Sesungguhnya Aku melihat dalam mimpi bahwa Aku me-nyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapat mu!” ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepada-mu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar”.
    103. Tatkala keduanya Telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis (nya),(nyatalah kesabaran keduanya)
    104. Dan kami panggillah dia: “Hai Ibrahim,
    105. Sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu sesungguhnya demikianlah kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.
    106. Sesungguhnya Ini benar-benar suatu ujian yang nyata.
    107. Dan kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar.
    108. Kami abadikan untuk Ibrahim itu (pujian yang baik) di kalangan orang-orang yang datang kemudian
    109. (yaitu) ” Kesejahteraan dilimpahkan atas Ibrahim”.
    110. Demikianlah kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.
    111. Sesungguhnya ia termasuk hamba-hamba kami yang beriman.
    112. Dan kami beri dia kabar gembira dengan (kelahiran) Ishaq seorang nabi yang termasuk orang-orang yang saleh.
    113. Kami limpahkan keberkatan atasnya dan atas Ishaq dan diantara anak cucunya ada yang berbuat baik dan ada (pula) yang zalim terhadap dirinya sendiri dengan nyata.

    (jadi itu mensiratkan kisah Nabi Ibrahim yg lama tidak dikaruniai anak. Kmd diberi anak dr istri ke-2 (Siti Hajar). Anak inilah yg diperintah untuk disembelih. Setelah diuji kesabarannya, maka Allah memberi hadiah kesabaran tsb dgn lahirnya anak kedua dari istri 1 (Siti Sarah) yg bernama ISHAQ. Jadi meski tidak disebut explisit, maka yang disembelih itu adl ISMAL.....)......

    mangkanya kalo nganalisis harus lengkap mbacanya Lil......!

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari ayat-ayat yg anda kutip diatas maka jelaslah bagi orang2 yg mau berpikir jernih, mulanya ibrahim berdoa meminta anak yg soleh tapi Allah memberinya anak yg sabar (ismail) dan Allah memerintahkan ibrahin untuk mengorbankan anaknya itu, setelah ibrahim melaksanakan ujian tsb Allah memberi kabar gembira kepada ibrahim dengan kelahiran anak yg soleh (ishaq). jadi kesimpulannya yg dikorbankan ibrahim adalah anak yg sabar (ismail).

      Delete
  94. Kl pandangn gw sih, apa yg disampaikan Ulil masuk akal. Ga mungkin fakta sejarah yg sdh terjadi ribuan tahun sblmnya bisa dianulir olh informasi yg br muncul abad 6. Ga masuk akal bgt. Dalil2 yg disampaikan Ulil sangat jelas. Lbh baik kite baca n pelajari Torah n bandingin ama Quran spy kbenaran terungkap. Gmn bro n sist....?

    ReplyDelete
  95. Maka belajarlah dari Orang Orang yang terdahulu dan Kitab -kitab yang terdahulu, karena kitab di turunkan oleh Allah, maka Allah tidak akan pernah salah dalam menurunkan Kitab nya, jadi rangkaiannya adalah Kitab Taurat ( Perjanjian Lama - Alkitab perjanjian Lama ) kemudaian Injil ( kitab perjanjian Baru ) dan kemudian...., seharusnya semua kitab akan sinkron dan sesuai, karena semuanya adalah yang di turunkan oleh Allah.

    ReplyDelete
  96. ternyata banyak yg terpengaruh sama ulil ini ya.

    Semoga Allah selalu melindungi Akidah kita. amiiin

    ReplyDelete
  97. lol, gini nih logikanya,Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim. Ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar.”

    Ishak itu bersama Ibrahim disaat Ishak masih kecil. Adakah dari kalian yang tahu ke mana Ibrahim disaat Ishak dewasa? adakah di Al-kitab cerita Ibrahim selanjutnya hingga dia tua? logikanya, Ishak bersama Ibrahim disaat muda, dan disaat dewasa itu sudah bersama Ismail. Umur sanggup itu adalah umur udah dewasa, udah bisa mikir, boleh ngambil keputusan, jadi ga mungkin Ishak yang masih kecil bersama Ibrahim. dan kalo saat anak anak, mau dibilang atau ga, anak anak ngikut aja, jadi untuk apa Ibrahim minta ijin? karena Ismail lah orangnya, karena yang diminta dikorbankan telah dewasa dan bisa berpikir! bukan Ishak yang bersama Ibrahim hanya disaat masih kecil.
    Dan disurah Al-Tin, siapakah yang disebut orang yang sabar? Zul-Kifli dan Ismail. dari mana jadi Ishak, mikir sebelah mata dan info yang dikit jadi terjerumus ke jurang.

    ReplyDelete
  98. Dasar Orang KOPLAK gak usah direkken Biarkan dia dgn oceh gilanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanyakan saja masalah ini kpd dokter naik zakir, maka kau akan mendapatkan jwban yg sebaik baiknya jawaban, maka kau akan paham dan menerima jawaban trsebut tanpa ragu. Cobalah.

      Delete
  99. oiii lil kalau gak ada i alquran lu bisa buka tu Kitab hadist...
    makanya kalau belajar alquran pake pembimbing or guru yg ngerti biar gak kebabalsan...

    alquran dan hadist itu adalah kunci dalam keimanan islam :

    1.Firman Alloh dalam Al jumuah:2


    Artinya:
    “Ia(Alloh) lah yang mengutus ditengah-tengah kaum ummi(tidak pandai baca tulis:bangsa arab) seorang Rosul dari kalangan mereka yang membacakan ayat-ayat Alloh pada mereka,mensucikan mereka dan mengajarkan kepada mereka kitab (Alquran) dan Hikmah(Hadis nabi).
    Sesungguhnya sebelum Alquran dan Hadis mereka berada didalam kesesatan yang jelas”

    2.Sabda Rosululloh SAW dalam Muwatok Imam Malik:

    Artinya:
    “Aku tinggalkan ditengah-tengah kalian dua perkara yang kalian TIDAK AKAN TERSESAT selama Kalian berpegang teguh dengan dua perkara tersebut,yaitu Kitab Alloh(Alquran) dan Sunnah Nabi(Hadis)”

    ReplyDelete