Home » » Cara Mempertajam Daya Ingat

Cara Mempertajam Daya Ingat

Diposkan oleh Kabar Bangsa pada Sunday, January 31, 2016 | 6:44 PM

Judul            : Kiat-Kiat Mempertajam Daya Ingat Hafalan Pelajaran
Penulis           : Aji Indianto S.
Penerbit         : Diva Press
Tahun Terbit   : Oktober 2015
Tebal              : 132 hlm
Peresensi     : Ach. Musyfiq AR

Tidak semua orang memiliki daya ingat yang kuat. Ada orang yang mudah menghafal, tetapi mudah juga melupakannya. Ada orang yang mudah menghafal, tapi tetap bisa ingat terus menerus. Ada orang yang sulit menghafal tetapi cepat lupa. Ada juga orang sulit menghafal, tetapi begitu dihafal tidak mudah lupa.

Penting kiranya hadirnya buku ini sebagai panduan bagi orang yang sulit menghafal dan sulit juga dalam mengingat pelajaran. Dalam buku ini, diterangkan berbagai macam cara yang paling mudah untuk melejitkan daya ingat, diantaranya; teknik menghafal dengan gambar, suara, warna, dan inisial.

Teknik-teknik tersebut sangat bermanfaat bagi para siswa ataupun mahasiswa dalam menangkap pelajaran. Dalam mengingat angka, kita bisa menggunakan kode-kode cerdas, misalnya kita ingin menghafal angka 0, jika kita menginginkan kode bentuk, maka yang paling berdekatan adalah bola. Ketika ingat bola, secara otomatis kita akan dengan mudah mengingat angka 0.

Jika kita menggunakan kode bunyi, maka 0 = bahenol. Kode alphabet, angka 0 sangat berdekatan dengan huruf O (hlm. 81). Cara mempertajam daya ingat dengan menggunakan kode-kode tersebut dapat menjadi jalan keluar bagi siswa dan mahasiswa.

Masih banyak lagi metode-metode menghafal yang disajikan dalam buku ini, diantaranya: metode akronim, metode akrotik, metode coret-coret, dan metode asosiasi kata. Semuanya itu, memiliki keunikannyas sendiri guna untuk menyelesaikan persoalan dalam menghafal.

Tak lupa pula, selain berbagai teknik yang telah dijelaskan melalui buku ini, kita tetap harus mengasup makanan dan minuman yang memiliki nutrisi dan vitamin tinggi yang dipat memberi support untuk kecerdasan. Kebutuhan omega-3 yang terkandung dalam ikan, seperti ikan tuna, ikan salmon, dan seterusnya. lengkapi juga vitamin B, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B9, vitamin B12, vitamin D, vitamin E, antioksidan, karbohidrat kompleks, kolin dan tiamin (hlm. 110)

Asupan-asupan tersebut hanya menjadi pendukung agar rencana kecerdasan otak kita terdukung dengan baik. Kiat-kiat mempertajam otak yang disajikan dalam buku ini hanya melengkapi kebutuhan teknis dan dorongan dari dalam diri yang berupa kemauan. Sementara asupan tak lain dan tak bukan untuk mendukung tercapainya upaya-upaya teknis tersebut.

Untuk itulah, buku ini layak dibaca dan dijadikan sebagai panduan bagi kita, khususnya yang ingin melejitkan daya ingatnya setajam silet.***

* Peresensi adalah pustakawan tinggal di Yogyakarta.


Artikel Terkait:

0 comments :

Post a Comment