Home » » Pameran Lukisan Mbarang Jantur di Bentara Budaya

Pameran Lukisan Mbarang Jantur di Bentara Budaya

Diposkan oleh Kabar Bangsa pada Tuesday, September 20, 2016 | 12:57 AM

KABARBANGSA.COM---Bentara Budaya Yogyakarta menggelar pameran Septemberan bertemakan Mbarang Jantur untuk memperingati ulang tahunnya yang ke-34. Acara ini akan berlangsung dari tanggal 16-23 September di Bentara Budaya Yogyakarta. Menurut panitia penyelenggara Wuryani, tema ini dimaksudkan sebagai salah satu bentuk penghormatan seniman Sujud, yang hampir seumur hidupnya diabdikan pada seni ngamen.

Baca juga: Iskandar Waworuntu; Deru Keindahan Bumi Langit di Mangunan

Sumber Gambar: dok. kabarbangsa.com/bentara budaya
"Kami sengaja menyebut apa yang dilakukan Sujud sebagai seni ngamen, bukan sekadar ngamen belaka, sebab dalam ngamen, Sujud berusaha untuk menciptakan kesenian, dalam bentuk garapan atau cakepan lagu-lagunya yang khas," ujarnya, kemarin.

Menurut Wuryani, seniman Sujud juga memberikan seluruh hidupnya setotal-totalnya dalam berkesenian ngamen di jalan-jalan, sampai di usia tuanya, di mana badannya mulai renta, dan matanya rabun, hingga ia tidak bisa mengamen di jalan lagi.

"Dengan demikian, tentang Sujud kita mempunyai banyak kenangan dan kejadian, yang kiranya bisa dijadikan bahan untuk menumpahkannya di atas kanvas," terangnya.

Baca juga: Wajah Hukum Kita Dalam Lukisan Myuran Sukumaran

Dalam pameran ini, ada 27 karya (lukisan, patung, instalasi, foto) buah karya perupa yang terlibat dalam pameran ini,  yakni AC Andre Tanama, Agung Pekik, Bambang Herras, Bambang Pramudyanto, Bayu Wardhana, Budiyana, Dyan Anggraini,  Eddy Sulistyo, F. Sigit Santoso, Hadi Soesanto, Hari Budiono, Hermanu, Herpri Kartun, Laksmi Shitaresmi, Lindu Prasekti, Maslihar, Nasirun, Pramono Pinunggul,  Reza Pratisca Hasibuan, Ridi Winarno, Samuel Indratma, Sitopati, Subandi Giyanto, Susilo Budi Purwanto,  Terra Bajraghosa, Wara Anindyah, dan Wilman Syahnur (BBY). (Yus/Lis/Red).


Artikel Terkait:

0 comments :

Post a Comment