Home » » Melatih Kecerdasan Otak dengan Fotografi

Melatih Kecerdasan Otak dengan Fotografi

Diposkan oleh Kabar Bangsa pada Sunday, October 30, 2016 | 11:00 PM

Oleh : Fachrur Rozi

Menekuni Hobi Fotografi selama ini menjadi kegiatan yg menyenangkan, menantang, dan menghasilkan. Kegiatan ini juga dinilai sebagai aktivitas seni yg bisa dilakukan oleh semua kalangan. Selain itu, perangkat pendukung hobi tersebut juga cukup terjangkau, dan ekonomis serta mudah di dapat.

Sumber Gambar: dok.kabarbangsa.com
Mereka yg memiliki hobi tersebut tidak harus menggunakan kamera yg berhaga selangit untuk menghasilkan karya yg bagus, sebab beberapa kamera telah dilengkapi fitur-fitur menarik untuk memanjakan fotografer mengeksplorasi insting seninya. Tentunya secara sederhana foto yg bagus adalah foto yg nyaman dipandang, dan unik.

Lebih lanjut penulis merasa hobi fotografi ini ternyata tidak sebatas menghasilkan foto yang spektakuler, melainkan bisa melatih kecerdasan (question) otak manusia.  Kecerdasan dinilai sebagai cara manusia dalam menyelesaikan masalah. Hal ini sama halnya dengan proses pembuatan foto yg bagus tidak terlepas dari kecerdasan dan ketepatan fotografer dalam membidik objek dari sudut pandang yg berbeda.

Baca juga: Fachrur Rozi, Dosen Muda Ilmu Komunikasi UTM yang Ingin Melakukan Perubahan di Madura

Mereka harus bisa berfikir cepat dan tepat agar objek tidak berubah nenggunakan nalarnya untuk membidik, menggunakan mata untuk menentukan sudut pandang, dan mengontrol.emosi agar hasil bidikan tepat sasaran. Sama halnya saat kita berada dalam sebuah problema, dimana kita harus berfikir keras untuk menemukan solusi yg juga tepat dan cepat.

Korelasi antara kecerdasan fotografer dan  definisi kecerdasan itu sendiri terletak pada, kecepatan dan ketepatan berfikir dalam penyelesaian masalah. Oleh karena itu, pentingnya melatih kecerdasan sejak dini ini bisa diaplikasikan pada semua kalangan, sehingga bagi anda yg ingin melatih kecerdasan anda bisa belajar menekuni dunia Fotografi.

Fachrur Rozi, Dosen Komunikasi Universitas Trunojoyo Madura.


Artikel Terkait:

0 comments :

Post a Comment